Helikopter Water Bombing Dikerahkan Padamkan Api di Hutan Lindung Bukit Suligi Riau

Helikopter Water Bombing Dikerahkan Padamkan Api di Hutan Lindung Bukit Suligi Riau

Helikopter water bombing terpaksa dikerahkan untuk memadamkan api yang membakar hutan lindung Suligi di Rokan Hulu, Riau, Jumat (16/6/2023) (ilustrasi)

Pekanbaru, Batamnews  - Hutan Lindung Bukit Suligi, Kabupaten Rokan Hulu (Rohuk) Riau, Jumat (16/6/2023) terbakar. Sulitnya medan, membuat pemdaman lewat darat jadi sulit. Pemadaman terpaksa dilakukan dengan helikopter water bombing.

Tim gabungan dari TNI, Polri dan BPBD saat ini sedang berupaya keras untuk memadamkan api yang melalap area tersebut.

Serka Arnizam, Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 13 Rokan IV Koto Kodim 0313/KPR, menjelaskan bahwa lokasi kebakaran sangat sulit dijangkau. Jarak dari Pasir Pangaraian, Ibukota Rohul, ke lokasi kebakaran sekitar 80 kilometer.

Baca juga: Prakiraan Cuaca di Singapura; Suhu Panas hingga 35°C Sampai Akhir Juni

"Menuju ke lokasi kebakaran melewato perbukitan yang curam dan sangat sulit dijangkau," jelas Serka Arnizam.

Disebutkan, karhutla di hutan lindung itu terdeteksi oleh tim, setelah petugas gabungan melakukan verifikasi titik panas melalui hot spot.

Karena sulitnya medan, dan jarak tempuh yang lama dilalui oleh tim darat, tim gabungan terpaksa meminta bantuan ke BPBD Provinsi Riau untuk mengerahkan helikopter water bombing.

Baca juga: Rocky Marciano Bawole Minta Pemda Jaga Kestabilan Harga Sembako Jelang Idul Adha

Disebutkan, di lokasi kebakaran itu ternyata sudah terdapat lahan  perkebunan kelapa sawit yang diduga menjadi sumber kebakaran. Selain itu, ada juga lahan kosong yang telah dibersihkan. 

Pihak berwenang akan melakukan penyelidikan lebih lanjut terkait penyebab kebakaran tersebut.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews