Kunjungi Pulau Terluar di Riau: Kapolda Iqbal Memenangkan Hati Masyarakat dengan Program Polisi RW

Kunjungi Pulau Terluar di Riau: Kapolda Iqbal Memenangkan Hati Masyarakat dengan Program Polisi RW

Kapolda Riau Irjen Pol M.Iqbal kunjungi pulau terluar Riau untuk melihat pos polisi RW (ist)

Pekanbaru, Batamnews - Setelah diluncurkan secara resmi program Polisi RW, Kapolda Riau, Irjen Pol Mohammad Iqbal, segera melakukan peninjauan ke pulau terluar Provinsi Riau.

Bersama rombongan, Kapolda Riau mengunjungi Pos Polisi RW 002 di Desa Gogok Darussalam, Kecamatan Tebing Tinggi Barat, Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau pada Kamis (15/6/2023).

Dalam kunjungan ini, Kapolda Iqbal ingin memastikan kondisi Kepulauan Meranti serta melihat kinerja anggota kepolisian, terutama polisi RW.

Baca juga: Dugaan Setoran Rp650 Juta, Kapolda Riau:Kompol PH Dicopot sebagai Danyon Brimob, Bripka AD Disersi

"Saya datang ke Kepulauan Meranti untuk merespons permasalahan yang ada di tengah-tengah masyarakat dan Polisi RW. Program Polisi RW bertujuan untuk menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah terkecil dalam hal harkamtibmas," jelas Kapolda Riau kepada wartawan.

Saat berdialog dengan salah satu anggota Polisi RW, Aiptu Sutiman, Irjen Iqbal mendapatkan laporan tentang penyelesaian perselisihan remaja oleh polisi RW dan Ketua RW dengan pendekatan kekeluargaan. Kolaborasi antara polisi dan masyarakat bertujuan menciptakan situasi yang kondusif.

Sutiman menjawab pertanyaan terkait pertikaian antar remaja yang sempat menghebohkan masyarakat di Meranti. Kasus tersebut berhasil diselesaikan tanpa melibatkan proses hukum pidana.

Sutiman juga menjelaskan tujuan dari program Polisi RW kepada Iqbal. Dia menjelaskan dengan jelas bahwa kehadiran Polisi RW diharapkan memberikan manfaat bagi masyarakat.

Baca juga: Mengenal Lima Suku Asli Kepulauan Riau, Satu di Antaranya Menghadapi Ancaman Kepunahan

"Dengan kehadiran Polisi RW di tengah masyarakat, kita ingin meningkatkan pelayanan keamanan. Polisi RW harus memiliki pengetahuan dalam menerapkan prinsip community policing, restorative justice, dan akuntabilitas. Dengan pemilihan umum yang semakin dekat, Polri akan terus menciptakan situasi kamtibmas yang aman dan damai di lingkungan masyarakat," jelas Sutiman.

Selain mengenai keamanan, kegiatan yang dilakukan oleh Polisi RW dan masyarakat di RW 002 adalah gotong royong untuk membersihkan selokan atau parit yang mengalami penyumbatan aliran air.

Baca juga: Dalam 10 Hari Satgas TPPO Polda Kepri Gagalkan Penyelundupan 65 Calon PMI Ilegal

Kedatangan Iqbal juga bertujuan untuk meresmikan lapangan tembak Bhara Daksa di Polres Kepulauan Meranti. Iqbal didampingi strinya, Nindya.

Acara tersebut juga dihadiri oleh Irwasda Kombes Hermansyah, Dansat Brimob Kombes Ronny Lumban Gaol, Kabid Humas Kombed Nandang Mu'min Wijaya, Kapolres Kepulauan Meranti AKBP Andi Yul, dan Pelaksana Tugas Bupati Kepulauan Meranti, H. Asmar.

Dalam kesempatan ini, Irjen Iqbal menyatakan bahwa polisi modern saat ini lebih banyak terlibat langsung dengan masyarakat dan berhasil memenangkan hati mereka. Ia menekankan bahwa kerja sama dengan semua pemangku kepentingan di setiap wilayah akan terus ditingkatkan.

Baca juga: Jadwal Kapal Feri dari Batam ke Singapura: Batam Center, Sekupang, dan Nongsapura

"Pada hari Rabu yang lalu, Polda Riau meluncurkan program Polisi RW yang hadir di tengah masyarakat untuk meningkatkan pelayanan keamanan. Saat pemilihan umum semakin dekat, Polri akan selalu menciptakan situasi kamtibmas yang aman dan damai di lingkungan masyarakat," jelas Iqbal.

Irjen Iqbal juga menyempatkan diri untuk bersilaturahmi dengan pengasuh dan santri Pondok Pesantren Darul Fikri Selatpanjang Kabupaten Kepulauan Meranti.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews