Perjalanan Seorang Penyadap Karet di Karimun Menuju Haji di Usia 87 Tahun

Perjalanan Seorang Penyadap Karet di Karimun Menuju Haji di Usia 87 Tahun

Tukiratin Rais Kasan Salim (kiri) jemaah tertua kloter 1 Embarkasi Batam. (Foto: istimewa)

Batam, Batamnews - Di usia yang sudah menginjak 87 tahun, seorang jemaah yang bernama Tukiratin Rais Kasan Salim telah berhasil mewujudkan cita-citanya untuk menunaikan ibadah haji.

Tukiratin, yang berasal dari Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau (Kepri), menjadi jemaah tertua dari kloter 1 Embarkasi Batam yang siap memulai perjalanan suci ini.

Ketika disambangi ke kamar Wisma Shafa Asrama Haji Embarkasi Batam, tempat Tukiratin bermalam sebelum berangkat ke tanah suci, ia dengan penuh semangat menceritakan upayanya dalam merealisasikan impian sepanjang hidupnya untuk menunaikan ibadah haji.

Baca juga: 20 Tempat Wisata di Siantar yang Paling Hits dan Kekinian yang Wajib Dikunjungi Tahun 2023

"Dengan segala rasa syukur, saya masih sehat. Biasanya hanya tensi, gak ada sakit apa-apa," ujar Tukiratin dengan wajah sumringah setelah menunaikan salat Ashar di kamarnya, pada Selasa (23/5/2023), melansir laman kemenag.go.id.

Sebagai seorang penyadap karet yang telah berprofesi selama bertahun-tahun, Tukiratin telah menabung dengan tekun demi mewujudkan impian suci ini. Ia berharap bisa menjadi tamu Allah yang dirindukannya di Tanah Suci.

Setelah tabungannya dirasa mencukupi, Tukiratin mendaftar untuk berangkat haji pada tahun 2017.

"Saya mendaftar untuk haji pada tahun 2017, ketika masih bekerja sebagai penyadap karet," ungkap Tukiratin, yang telah merantau ke Kepulauan Riau sejak tahun 1963.

Baca juga: 3 Fitur Menarik Galaxy A54 yang Jadikan Fotografi Kian Menakjubkan

Tukiratin juga berbagi cerita tentang perjalanan panjangnya menuju Batam melalui perjalanan laut dari Pulau Tanjung Balai Karimun.

"Alhamdulillah, perjalanan menuju Batam berjalan lancar. Saya diantar oleh anak-anak saya," tambahnya.

Dengan tidak henti-hentinya mengucapkan rasa syukur, Tukiratin berharap agar perjalanan ibadah hajinya berjalan dengan lancar, aman dalam perjalanan menuju Tanah Suci, serta selamat kembali ke Tanah Air.

"Semoga perjalanan menuju Tanah Suci berjalan lancar, tidak ada kendala apa pun, sampai ke tujuan dengan selamat, dan di sana saya bisa menjalankan semua yang disyaratkan dalam rukun haji," harapnya dengan mata berkaca-kaca.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews