20 Tempat Wisata di Siantar yang Paling Hits dan Kekinian yang Wajib Dikunjungi Tahun 2023

20 Tempat Wisata di Siantar yang Paling Hits dan Kekinian yang Wajib Dikunjungi Tahun 2023

Pemandian Bah Damanik merupakan tempat wisata Alam yang sangat eksotis dan populer di Siantar (Foto: Portalwisata)

Pematang Siantar, yang juga dikenal sebagai Siantar, adalah sebuah kota yang memiliki banyak destinasi wisata yang indah dan eksotis. Kunjungan ke Pematang Siantar tidak lengkap tanpa menjelajahi tempat-tempat wisata terkini dan paling populer. Berikut ini, kami hadirkan 20 destinasi wisata di Pematang Siantar yang direkomendasikan untuk Anda kunjungi:

1. Perkebunan Teh Sidamanik

Perkebunan Teh Sidamanik adalah perkebunan teh terbesar yang dimiliki oleh PTPN IV dan masih beroperasi. Perkebunan ini merupakan perkebunan teh terbesar kedua di Indonesia. Selain menjadi produsen teh terbesar di negara ini, Perkebunan Teh Sidamanik juga merupakan destinasi wisata paling populer dan indah di Siantar. Wisatawan domestik dan internasional mengunjungi tempat ini untuk menikmati pemandangan yang memukau dan iklim sejuk. Perkebunan ini menawarkan banyak spot yang indah untuk berfoto.

Lokasi: Sidamanik, Simalungun, Sumatera Utara

2. Air Terjun Bah Biak

Air Terjun Bah Biak adalah spot wisata populer lainnya di Siantar. Tempat ini menawarkan pemandangan yang menakjubkan dan terletak dekat dengan Perkebunan Teh Sidamanik. Perjalanan dari Perkebunan Teh Sidamanik ke Air Terjun Bah Biak memakan waktu sekitar 8 kilometer atau sekitar 30 menit. Setibanya di area parkir, Anda akan turun beberapa anak tangga. Dari atas tangga, Anda sudah bisa menikmati keindahan dan suasana segar Air Terjun Bah Biak.

Air Terjun Bah Biak sempurna untuk liburan keluarga atau liburan romantis, karena Anda bahkan dapat berenang di kolam di bawah air terjun. Udara sejuk dan air yang dingin akan membuat Anda ingin menghabiskan lebih banyak waktu di tempat wisata ini. Fasilitas di sini juga lengkap, termasuk toilet, seluncuran, dan pondok-pondok yang berjejer di depan air terjun. Tempat ini ideal untuk bersantai sambil menikmati keindahan air terjun.

Lokasi: Sidamanik, Simalungun, Sumatera Utara

3. Patung Dewi Kwan Im

Patung Dewi Kwan Im adalah tempat wisata yang wajib dikunjungi yang terletak di pusat kota Siantar. Meskipun merupakan tempat ibadah bagi komunitas Tionghoa, wisatawan domestik dan internasional diperbolehkan masuk dan mengagumi keagungan dan tinggi patung ini. Patung ini terletak di Vihara Avalokitesvara.

Patung Dewi Kwan Im memiliki tinggi 22,8 meter dan terdaftar di Museum Rekor Indonesia (MURI). Patung ini juga diklaim sebagai patung tertinggi di Asia Tenggara. Patung ini terbuat dari granit yang diimpor langsung dari Tiongkok.

Lokasi: Jl. Gn. Pusuk Buhit, Kebun Sayur, Siantar Timur, Pematang Siantar, Sumatera Utara

4. Manigom Nauli

Manigom Nauli adalah surga tersembunyi yang tidak terlalu dikenal di kalangan wisatawan. Tempat mandi alami ini memiliki air yang jernih yang berasal dari mata air. Kekristalan airnya menarik banyak pengunjung yang suka membuat video atau mengambil foto di sini.

Lokasi: Desa Tomuan, Kecamatan Dolok Panribuan, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara

5. Siantar Waterpark

Siantar Waterpark adalah destinasi wisata yang wajib dikunjungi untuk keluarga. Tempat ini menawarkan berbagai wahana air yang akan membuat anak-anak senang dan memungkinkan mereka menikmati aktivitas air dengan sepenuh hati. Waterpark ini dilengkapi dengan tiga seluncuran air dan kolam renang untuk orang dewasa dan anak-anak. Ini juga termasuk air mancur dan ember besar.

Lokasi: Jl. Rakutta Sembiring No.1, Naga Pita, Siantar Martoba, Pematang Siantar, Sumatera Utara

6. Air Panas Bah Damanik

Air Panas Bah Damanik adalah tempat wisata alam yang indah dan populer di Siantar. Airnya yang jernih dan pepohonan di sekitarnya membuatnya menjadi favorit di media sosial. Udara sejuk di lokasi ini akan membuat Anda ingin tinggal lebih lama. Salah satu hal yang menonjol adalah kejernihan airnya, karena dasar kolamnya terlihat jelas. Bagi mereka yang khawatir terkena sinar matahari, tempat ini sangat direkomendasikan karena teduh oleh pepohonan.

Lokasi: Ambarisan, Sidamanik, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara

7. Museum Simalungun

Bersama dengan Patung Dewi Kwan Im, Museum Simalungun juga merupakan tempat wisata yang wajib dikunjungi yang terletak di pusat kota. Museum ini memiliki desain unik yang menyerupai rumah tradisional di Sumatera Utara. Di dalam museum, Anda dapat menemukan berbagai koleksi yang mewakili budaya Simalungun, termasuk pakaian tradisional, alat musik, dan kerajinan tangan.

Lokasi: Jl. Jenderal Sudirman, Proklamasi, Pematang Siantar, Sumatera Utara

8. Museum Zoologi

Museum Zoologi adalah tempat wisata terkenal lainnya di Siantar. Tempat ini terletak di dalam Taman Hewan Pematang Siantar (THPS). Koleksi museum ini meliputi beruang hitam dengan tinggi 2,5 meter, jerapah, kambing kutub, domba berkelopak empat, gnu, burung, reptil, mamalia, dan ikan. Pameran utamanya terdiri dari hewan-hewan yang sudah mati dari Kebun Binatang Pematang Siantar. Museum ini buka dari pukul 8:00 pagi hingga 6:00 sore.

Lokasi: Jl. Kapten Sitorus No.10, Proklamasi, Siantar Barat, Pematang Siantar, Sumatera Utara

9. Taman Hewan Pematang Siantar (THPS)

Taman Hewan Pematang Siantar, sebelumnya dikenal sebagai Kebun Binatang Pematang Siantar, adalah salah satu destinasi wisata paling populer di Pematang Siantar. Tempat ini menarik banyak wisatawan dan anak sekolah, terutama selama liburan. Taman hewan ini memiliki berbagai macam hewan, termasuk jerapah, gibon berwajah putih, harimau, reptil, burung, dan mamalia lainnya.

Lokasi: Jl. Gunung Simanuk Manuk No.2, Teladan, Siantar Barat, Pematang Siantar, Sumatera Utara

10. PAS (Pemandian Alam Sejuk)

PAS (Pemandian Alam Sejuk) adalah tempat wisata alam lainnya yang terkenal karena keindahannya dan ketenangannya. Air di tempat mandi ini berasal dari mata air alami, sehingga menghasilkan air yang sejuk dan segar. PAS juga dilengkapi dengan atraksi flying fox yang dapat dinikmati oleh anak-anak maupun orang dewasa. Udara sejuk dan air yang jernih akan membuat Anda ingin menghabiskan waktu yang lama di destinasi wisata ini. PAS dilengkapi dengan fasilitas seperti ruang ganti, toilet, dan area duduk. Tempat ini sempurna untuk bersantai dan mengabadikan momen-momen indah.

Lokasi: Dolok Hataran, Siantar, Dolok Hataran, Kec. Siantar, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara

 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews