Tarif Hotel Melambung saat Konser Coldplay, Ada yang Tembus Rp16 Juta

Tarif Hotel Melambung saat Konser Coldplay, Ada yang Tembus Rp16 Juta

Hotel-hotel seputar langsung diserbu penggemar Coldplay, harga ikut melonjak (internet)

Jakarta, Batamnews - Hotel-hotel di sekitar kawasan Senayan langsung penuh setelah Coldplay mengumumkan konser mereka di Indonesia pada akhir tahun mendatang. Tak hanya itu, tarif hotel pun melonjak tinggi.

Berdasarkan penelusuran di platform online travel agent (OTA) seperti Traveloka, hotel berbintang seperti Fairmont sudah penuh pada hari konser Coldplay, tanggal 15 November 2023. Selain itu, tarif hotel juga mengalami kenaikan drastis, bahkan mencapai lebih dari 3 kali lipat.

Baca juga: Hitungan Menit Tiket Presale Nasabah BCA dan Publik Konser Coldplay Langsung Sold Out, Calo Ikut Bermain?

Pada H-1 sebelum acara, yaitu tanggal 14 November 2023, hotel Fairmont masih memiliki beberapa kamar yang tersedia. Namun, harga kamar cenderung lebih tinggi. Harga termurah untuk tipe 1 King Bed adalah Rp4.598.000.

Sementara itu, dilansir cnbc, Sabtu (20/5/2023), hotel Sultan masih memiliki 1 kamar tipe Junior Suite yang tersedia dengan harga Rp4.938.343. Kamar ini menjadi satu-satunya tipe kamar yang tersedia pada hari konser Coldplay.

Baca juga: Tiket Presale Coldplay Ludes dalam 30 Menit, Antusiasme Tinggi di Tengah Ancaman Aksi Demo PA 212

Terdapat juga hotel yang memanfaatkan kesempatan ini dengan menaikkan harga hingga 2 kali lipat lebih tinggi. Contohnya adalah Hotel Mulia Senayan yang menawarkan harga termurah sebesar Rp10.586.774.

Harga tersebut berlaku untuk tipe Junior Suite yang menjadi satu-satunya tipe kamar yang tersedia. Padahal, satu hari setelah acara, hotel dengan tipe kamar yang sama masih memiliki harga sebesar Rp4.090.345.

Baca juga: Ketua PBNU Minta Konser Coldplay Hormati Budaya Lokal dalam Respons Terhadap Isu LGBT

Apabila kita melihat harga seminggu sebelum konser Coldplay, yaitu pada tanggal 8 November, harganya masih berkisar di angka Rp4 jutaan.

Hotel berbintang lainnya, seperti The Ritz Carlton Jakarta, Pacific Place Hotel, juga mengalami kenaikan harga yang signifikan, mencapai lebih dari 3 kali lipat.

Sebagai contoh, pada tanggal 10 November, menjelang akhir pekan, harga kamar termurah di hotel tersebut adalah Rp5.505.500 untuk tipe Club 1 King Bed Deluxe Grand City View.

Baca juga: Tragedi Maut di Hutan Inhil, Riau; Arbain Tewas Diserang Harimau Sumatera

Namun, pada tanggal 15 November 2023, saat Coldplay manggung, harga kamar mencapai Rp16.093.000, dengan hanya tersisa 2 kamar.

Hariyadi Sukamdani, Ketua Umum Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), mengungkapkan bahwa hotel-hotel di sekitar lokasi konser Coldplay pada tanggal 15 November 2023 sudah penuh dipesan. Konser band asal Inggris tersebut akan digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta Pusat.

Baca juga: Prakiraan Cuaca Batam, Sabtu: Berawan dengan Potensi Hujan Ringan

"Iya, sudah penuh dari kemarin-kemarin. Empat hotel di sekitar GBK seperti Mulia, Fairmont, Century, terus Sultan itu semua sudah penuh setelah diumumkan konser Coldplay di Jakarta," ujar Hariyadi seperti dikutip tempo.co, Sabtu (20/5/2023).

Namun, ia tidak mengetahui apakah pemesanan dilakukan melalui travel agent atau aplikasi pihak
ketiga, tetapi ia memastikan bahwa hotel-hotel tersebut sudah penuh.

Baca juga: Diduga Mobil Sekda Anambas yang Ditumpangi Bupati Anambas Tabrak Dua Warga Batam hingga Sekarat

Menurut Hariyadi, pemesanan hotel yang terkait dengan konser Coldplay cenderung berpusat di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman, MH Thamrin, hingga Blok M.

Hariyadi menjelaskan bahwa masih tersedia beberapa hotel di wilayah Sudirman, Thamrin, dan Blok M yang dapat dipesan. Lokasinya pun masih dapat dijangkau dengan berjalan kaki ke lokasi konser. Hal ini diungkapkannya karena ia memahami kemacetan yang mungkin terjadi di sekitar area konser.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews