Pertumbuhan Investasi Meningkat 16,5 Persen, Kepala BP Batam Dorong Percepatan Realisasi

Pertumbuhan Investasi Meningkat 16,5 Persen, Kepala BP Batam Dorong Percepatan Realisasi

Kepala BP Batam Muhammad Rudi dorong percepatan pertumbuhan investasi di Kota Batam (bp batam)

Batam, Batamnews - Berdasarkan catatan Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Republik Indonesia, terjadi pertumbuhan positif dalam realisasi investasi pada Triwulan I 2023. Ini memberikan sinyal yang menggembirakan untuk pertumbuhan ekonomi di masa mendatang.

Realisasi investasi mencapai Rp 328,9 triliun, mengalami peningkatan sebesar 16,5 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya. Angka ini juga telah mencapai 23,5 persen dari target realisasi investasi tahun 2023 sebesar Rp 1.400 triliun.

Baca juga: Perusahaan Singapura Tertarik Investasi di KEK Kesehatan dan Pariwisata, BP Batam Siap Mendukung

Dalam catatan BKPM, sebaran realisasi investasi di Luar Pulau Jawa pada kuartal pertama 2023 masih mendominasi, dengan kontribusi sebesar Rp 172,9 triliun atau 52,6 persen dari total realisasi investasi keseluruhan. Angka ini juga mengalami peningkatan sebesar 16,3 persen dibandingkan periode yang sama tahun 2022.

Menanggapi hal ini, Kepala BP Batam, Muhammad Rudi, berkomitmen untuk mendorong percepatan realisasi investasi di Kota Batam. BP Batam mencatat peningkatan jumlah proyek Penanaman Modal Asing (PMA) dan Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) pada Triwulan I (Januari-Maret) tahun 2023.

Baca juga: Mewujudkan Transportasi Publik Modern: Komitmen Kepala BP Batam Hadirkan LRT di Kota Batam

Untuk PMA, terdapat 826 proyek dengan nilai USD 174,06 juta atau setara dengan Rp 2,55 triliun. Angka ini mengalami peningkatan yang signifikan sebesar 100,97 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2022.

Tidak hanya itu, PMDN juga mengalami peningkatan yang cukup tinggi sebesar 200,42 persen, dengan total 1.418 proyek. Nilai PMDN pada Triwulan I 2023 mencapai USD 96,7 juta atau setara dengan Rp 1,4 triliun.

Baca juga: Persoalan Air Bersih Jadi Perhatian Serius Kepala BP Batam

Muhammad Rudi menekankan dukungan penuh BP Batam terhadap kemudahan investasi yang tersedia, sambil menjaga iklim investasi agar terus berkembang. 

"Kami menjamin dan mendukung penuh kemudahan investasi yang ada. Kita bersama-sama wajib menjaga iklim investasi agar ekonomi terus tumbuh," ujar Rudi, Jumat (5/5/2023).

Ia optimistis bahwa rencana strategis BP Batam akan memberikan dampak positif bagi percepatan realisasi investasi di masa depan.

Peningkatan investasi juga diharapkan akan mempengaruhi pertumbuhan ekonomi Kota Batam secara keseluruhan. BP Batam terus berusaha menjadikan Kota Batam sebagai destinasi unggulan investasi, dengan harapan langkah ini dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

Baca juga: Investor Singapura Kunjungi BP Batam Bahas Rencana Investasi Teknologi Transportasi

Muhammad Rudi menganggap investasi sebagai hal penting dalam pembangunan dan peningkatan ekonomi daerah. 

Keberhasilan BP Batam dalam meningkatkan nilai investasi juga menjadi prestasi yang tak dapat diabaikan dalam pertumbuhan ekonomi daerah. Dengan tekad yang kuat, ia berkomitmen untuk mendorong pertumbuhan ekonomi


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews