Wali Kota Batam dan Wakil Gubernur Kepri Hadiri Upacara Hari Pendidikan Nasional 2023

Wali Kota Batam dan Wakil Gubernur Kepri Hadiri Upacara Hari Pendidikan Nasional 2023

Wali Kota Batam Muhammad Rudi bersama Wagub Kepri hadir di peringatan Hardiknas 2023 Kota Batam (ist)

Batam, Batamnews - Upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional 2023 di Kota Batam, Selasa (2/5/2023) dihadiri oleh Wali Kota Batam Muhammad Rudi dan Wakil Gubernur Kepri Marlin Agustina Rudi. Upacara tersebut berlangsung di Dataran Engku Putri dan dipimpin oleh Rudi selaku inspektur upacara.

Dalam pidatonya, Wali Kota Batam menyampaikan bahwa meskipun saat ini tengah gencar membangun infrastruktur, program pendidikan tetap menjadi prioritas utama Pemko Batam.

Baca juga: Pesawat Lion Air Rute Medan-Banda Aceh Gagal Mendarat Akibat Cuaca Buruk dan Kembali ke Bandara Kualanamu

Ia juga mendorong Dinas Pendidikan Kota Batam dan para guru untuk terus berinovasi, dengan mengedepankan konsep Merdeka Belajar yang menekankan pembelajaran mendalam untuk mengembangkan karakter dan kompetensi.

Sementara itu, Wakil Gubernur Kepri Marlin Agustina Rudi menyampaikan pidato Mendikbud Ristek Nadiem Anwar Makarim. 

Baca juga: Pemko Batam Kekurangan Guru Untuk Mengajar SD Maupun SMP

Ia menjelaskan bahwa sekarang para siswa dapat belajar dengan lebih tenang karena aktivitas pembelajaran mereka dinilai secara lebih holistik oleh gurunya sendiri. 

Para kepala sekolah dan kepala daerah juga dapat memonitor kualitas pendidikan dengan menggunakan data Asesmen Nasional di Platform Rapor Pendidikan untuk melakukan perbaikan kualitas layanan pendidikan.

Baca juga: Peringatan Hardiknas: Gubernur Ansar Ikut Menari Bersama Pelajar di Batam

Selain itu, para guru sekarang dapat lebih bebas berinovasi di kelas dengan hadirnya Kurikulum Merdeka. 

Seleksi masuk perguruan tinggi negeri juga sekarang fokus pada mengukur kemampuan literasi dan penalaran. Program beasiswa yang lebih luas juga memberikan kesempatan bagi siswa untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi. 

Baca juga: Hardiknas 2023: Gubernur Ansar Menyaksikan Atraksi Seni dan Budaya di Kota Batam

Dukungan dana padanan untuk mendanai riset juga telah melahirkan begitu banyak inovasi yang bermula dari kolaborasi.

Marlin Agustina Rudi juga mengajak semua pihak untuk merayakan transformasi yang sudah terjadi dan merencanakan arah perjalanan ke depan guna memastikan keberlanjutan gerakan Merdeka Belajar. 

Ia menekankan bahwa perjalanan harus dilanjutkan bersama-sama, karena semua pihak, baik pendidik, tenaga kependidikan, seniman dan pelaku budaya, juga peserta didik, adalah kapten dari kapal besar bernama Indonesia.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews