Pemerintah Gelontorkan Rp1,6 Triliun Bangun Rumah Sakit Khusus Otak, Jantung, dan Kanker di Riau

Pemerintah Gelontorkan Rp1,6 Triliun Bangun Rumah Sakit Khusus Otak, Jantung, dan Kanker di Riau

Rapat rencana pembangunan Rumah Sakit Otak, jantung, dan kanker yang digelar pada Rabu (3/5/2023). (Foto: Diskomonfotik)

Pekanbaru, Batamnews - Pemerintah pusat telah mengalokasikan dana senilai Rp1,6 Triliun untuk pembangunan Rumah Sakit vertikal Khusus Otak, Jantung, dan Kanker di Provinsi Riau.

Informasi tersebut disampaikan langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Riau, Zainal Arifin, pada rapat rencana pembangunan Rumah Sakit Otak, jantung, dan kanker yang digelar pada Rabu (3/5/2023).

Menurut Zainal, pembangunan RS Otak, Jantung, dan Kanker ini merupakan tindak lanjut arahan Presiden Jokowi saat kunjungan ke Riau di awal tahun 2023. Kemudian, Pemprov Riau melalui Dinkes Riau menyambut baik dan langsung berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan.

Baca juga: Tiga Desa di Riau Terkendala Penggunaan ADD, Kades hingga BPD Terancam Telat Gajian

"Dana untuk RS senilai Rp1,6 Triliun dan nantinya akan dibangun di atas lahan 10 hektare di kawasan Universitas Riau," jelasnya.

Dalam pertemuan dengan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Zainal menyebut bahwa rumah sakit ini akan melayani pasien dengan gangguan pada otak, saluran kencing, dan ginjal.

"Sehingga, rumah sakit ini nantinya rumah sakit khusus," ungkapnya.

Menurutnya, pembangunan rumah sakit ini akan menjadi rujukan untuk pengobatan otak dan ginjal di Pulau Sumatera.

"Jangan sampai rumah sakit senilai Rp 1,6 triliun ini tidak jadi dibangun. Kalau (rumah sakit khusus otak dan ginjal) ini ada di Riau, maka akan menjadi rujukan di Sumatera," imbuhnya.

Asisten III Sekdaprov Riau, Joni Irwan, juga mengapresiasi langkah yang telah dilakukan oleh Dinkes Riau perihal pembangunan rumah sakit ini.

"Kami akan mempersiapkan semua keperluan dan administrasinya secepat mungkin," kata Joni.

Pihak lain seperti Kepala BPKAD Riau, Indra, menyatakan akan segera menghibahkan tanah dari Pemprov Riau ke Kemenkes RI dan telah mempersiapkan beberapa dokumen penting seperti administrasi, surat persetujuan hibah dari Gubernur Riau, dan penetapan hibah oleh Gubernur Riau.

"Dalam minggu ini akan kami tuntaskan dan dijadikan berita acara serah terima hibah tanah pak gubernur kepada Kemenkes RI," ujarnya.

Indra juga berharap agar semua pihak mendukung pembangunan besar pemerintah dalam membangun rumah sakit khusus otak, jantung, dan kanker di Provinsi Riau.

"Sehingga ke depan, warga masyarakat Bumi Lancang Kuning memiliki rumah sakit rujukan dan tidak jauh-jauh untuk berobat," tutupnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews