Pesawat Lion Air Rute Medan-Banda Aceh Gagal Mendarat Akibat Cuaca Buruk dan Kembali ke Bandara Kualanamu

Pesawat Lion Air Rute Medan-Banda Aceh Gagal Mendarat Akibat Cuaca Buruk dan Kembali ke Bandara Kualanamu

Karena cuaca buruk, Lion Air gagal mendarat di Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda Banda Aceh dan kembali ke Medan (ilustrasi)

Banda Aceh, Batamnews - Pesawat Lion Air JT 306 rute Medan menuju Banda Aceh gagal mendarat di Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda (SIM) Aceh Besar pada Selasa (2/5/2023) akibat cuaca buruk. 

Manajer Operasional Angkasa Pura II Surkani dikutip dari menyatakan bahwa pesawat tersebut dijadwalkan tiba di Bandara SIM Aceh pada pukul 14.20 WIB. Karena cuaca buruk, pesawat ini terpaksa harus kembali ke Bandara Internasional Kualanamu.

Baca juga: Pemko Batam Kekurangan Guru Untuk Mengajar SD Maupun SMP

Surkani menjelaskan bahwa pesawat Lion Air telah beberapa kali mencoba untuk mendarat di Bandara SIM Aceh Besar, namun kondisi cuaca yang tidak memungkinkan untuk mendarat sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) maskapai tersebut. Sehingga, untuk sementara pesawat tersebut kembali ke Bandara Kualanamu atau "return to base" (RTB). 

Pesawat akan terbang kembali menuju Banda Aceh setelah mendapatkan informasi terbaru terkait kondisi cuaca di Aceh dari BMKG.

Baca juga: Bantuan Helikopter BNPB Tiba di Riau untuk Deteksi Dini Karhutla

Menurut Surkani, Bandara SIM Aceh Besar dalam kondisi aman dan tidak memiliki gangguan apapun. Beberapa maskapai lain seperti Garuda Indonesia dan Batik Air berhasil mendarat dengan sempurna pada jadwal yang sama. 

Surkani juga menambahkan bahwa faktor cuaca, seperti angin tailwind, menyebabkan pesawat Lion Air tidak berani mendarat sesuai dengan SOP mereka.


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews