5 Tips Mengemudi Mobil Matic di Tanjakan saat Macet

5 Tips Mengemudi Mobil Matic di Tanjakan saat Macet

Saat berada di tanjakan kita mengalami kemacetan dengan mobil matic, begini cara atasinya

Batam, Batamnews - Saat berkendara di jalan raya, kita sering mengalami kemacetan yang tak terduga, terutama saat melewati tanjakan yang curam. Hal ini dapat menyebabkan mobil matic sulit maju karena tidak bisa memilih gigi secara manual. Namun, ada beberapa tips untuk mengatasi situasi ini.

Pertama, saat mengalami kemacetan di tanjakan, sebaiknya tetap tenang dan jangan coba-coba untuk mundur. Cobalah untuk mempertahankan posisi mobil pada tempatnya. Jika mobil dalam keadaan berjalan dan terjebak di tanjakan, cobalah memilih gigi transmisi yang lebih rendah seperti Low, D1, atau D2. Gigi transmisi yang lebih rendah akan membuat mesin mobil berputar lebih cepat dan memberikan daya dorong yang lebih besar.

Baca juga: Kemeriahan Idulfitri di Batam Diisi Tradisi Melayu Lampu Colok

Kedua, dalam medan tanjakan, pengemudi mobil matic perlu memiliki keahlian dalam menggunakan transmisi dan rem. Hindari menekan rem dan memindahkan persneling secara bersamaan. Tekan rem secukupnya sambil mengoper gigi ke Low, D1, atau D2.

Ketiga, pengemudi mobil matic juga perlu memperhatikan kecepatan dan tenaga mobil saat menghadapi tanjakan. Hindari terlalu memaksakan mobil untuk melewati tanjakan dengan kecepatan tinggi, karena dapat membuat mesin bekerja keras dan mengurangi umur mesin mobil. Cobalah untuk menjaga kecepatan dan tenaga mobil secara stabil, sehingga mobil bisa melewati tanjakan dengan mudah.

Baca juga: Kata Psikolog soal Alasan Nggak Betah di Rumah Mertua

Keempat, sebelum menghadapi tanjakan, perlu mengenali medan jalan terlebih dahulu. Setidaknya Anda harus tahu akan kecenderungan jalan miring dan menanjak. Dengan begitu, Anda bisa dengan mudah mempersiapkan diri dan mengganti persneling sebelum mencapai tanjakan. Pastikan untuk memahami jenis tuas transmisi yang tersedia dalam mobil Anda.

Kelima, hindari terlalu cepat atau lambat saat mendekati tanjakan. Semakin cepat mobil bergerak, maka semakin besar tenaga yang diperlukan untuk menahan mobil saat naik tanjakan. Sebaliknya, jika terlalu lambat, mobil akan kesulitan dalam menempuh tanjakan.

Baca juga: Kemenkeu Bantah Setujui Gadai Kantor Bupati Meranti Rp 100 M

Dengan memperhatikan beberapa tips di atas, pengemudi mobil matic dapat mengatasi kemacetan di tanjakan dan tetap aman saat berkendara.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews