Bukan Jakarta, Ini Kota Paling Macet di Indonesia 2021

Bukan Jakarta, Ini Kota Paling Macet di Indonesia 2021

Ilustrasi (Foto: detik.com)

Jakarta, Batamnews - Inrix, perusahaan analisis data lalu lintas, merilis hasil penelitian Global Traffic Scorecard 2021. Di dalamnya terdapat beberapa kota di Indonesia yang termasuk sebagai kota termacet di dunia.

Selama ini Jakarta selalu disebut-sebut sebagai kota termacet di Indonesia. Namun kali ini ada beberapa kota di Indonesia yang termasuk dalam penelitian Inrix. Di antaranya ada Jakarta, Surabaya, Bogor, Malang, dan Denpasar.

Hasil penelitian Inrix menyebutkan, bukan Jakarta yang menjadi kota termacet di Indonesia. Surabaya dinilai sebagai kota termacet di Indonesia, menurut Inrix.

Baca juga: Aksi Buruh Tentang UMK, Separo Batam Macet Total!

Dalam laporan Inrix 2021 Traffic Scorecard, Surabaya menduduki peringkat pertama kota paling macet di Indonesia. Surabaya juga menjadi kota termacet ke-41 di dunia.

Sebagai catatan, peringkat INRIX ini dihitung berdasarkan tingkat keparahan kemacetan (jam yang terbuang selama macet) yang ditimbang berdasarkan ukuran kota.

Menurut catatan Inrix, jumlah total waktu yang terbuang dalam kemacetan selama periode jam sibuk di Surabaya mencapai 62 jam dalam setahun.

Sementara Jakarta menduduki peringkat kedua kota termacet di Indonesia. Secara global, Jakarta menempati urutan ke-222 kota termacet di dunia. Pengendara di Jakarta kehilangan waktu 28 jam dalam kemacetan selama periode jam sibuk dibandingkan kondisi di luar jam sibuk.

 

Kota termacet ketiga di Indonesia menurut Inrix adalah Denpasar, Bali. Denpasar yang juga menjadi kota termacet ke-291 di dunia menghasilkan total waktu yang terbuang dalam kemacetan selama periode jam sibuk mencapai 31 jam.

Sementara Malang menjadi kota termacet keempat di Indonesia dan ke-334 di dunia. Pengendara di Malang kehilangan 29 jam dalam kemacetan selama periode jam sibuk.

Kota di Indonesia terakhir yang disurvei Inrix adalah Bogor. Bogor menjadi kota termacet kelima di Indonesia dan ke-821 di dunia. jumlah total waktu yang terbuang dalam kemacetan selama periode jam sibuk di Bogor mencapai 7 jam.

Baca juga: Macet Parah Sore Hari di Simpang Telkom Batam Bikin Risih Pengendara

Untuk diketahui, Global Traffic Scorecard Inrix menghitung kehilangan waktu dengan menganalisis data kecepatan puncak saat lalu lintas padat dan kecepatan saat lalu lintas lancar.

Total waktu yang hilang adalah perbedaan waktu perjalanan yang dialami selama periode puncak jam sibuk dibandingkan dengan kondisi arus bebas per pengemudi. Dengan kata lain, ini adalah perbedaan antara mengemudi selama jam sibuk versus mengemudi di malam hari dengan sedikit kepadatan kendaraan.

Global Traffic Scorecard Inrix menggunakan data penyelidikan GPS anonim untuk mengidentifikasi rute dan tujuan yang paling sering dikunjungi di seluruh wilayah guna menciptakan gambaran perjalanan yang lebih akurat untuk suatu wilayah, tidak hanya ke dan dari pusat kota.

INRIX menggabungkan data anonim dari kumpulan data yang beragam seperti ponsel, mobil, truk, dan kota yang menghasilkan wawasan yang kuat dan akurat. Data yang digunakan dalam Global Traffic Scorecard 2021 adalah status kemacetan atau tidak macet dari setiap segmen jalan untuk setiap menit dalam sehari.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews