Ingat! 10 Hal Unik di Batam, Jangan Coba Bunyikan Klakson di Batam

Ingat! 10 Hal Unik di Batam, Jangan Coba Bunyikan Klakson di Batam

Ilustrasi seorang pengendara membunyikan klakson (Foto: Grid)

Batam, Kepri - Batam dikenal sebagai kota yang identik dengan jalur perdagangan antara Indonesia, Malaysia, dan Singapura. Karena itu, kota ini menjadi pusat bisnis yang sangat besar dan padat. Wisatawan sering berkunjung ke Batam untuk berburu barang-barang dengan harga murah, dan banyak pendatang yang memilih untuk menetap di sana karena peluang kerja dan bisnis yang melimpah.

Meskipun Batam terkenal dengan budaya dan makanan yang bercampur aduk dari berbagai daerah, ada beberapa hal unik dan menarik yang hanya akan kamu temukan di kota ini. Berikut ini adalah sepuluh hal unik yang akan kamu temukan di Batam:

  1. Teh Obeng - Es teh manis di Batam disebut teh obeng. Sebutan ini merupakan adaptasi dari sebutan es teh di Malaysia dan Singapura, yakni teh o peng.

  2. Makanan adaptasi - Karena banyak pendatang, makanan khas lokal sulit ditemukan di Batam. Rata-rata makanan yang dijual di sana adalah makanan adaptasi, seperti sop ikan.

  3. Jarang macet - Jalanan di Batam jarang macet, sehingga kamu bisa bebas dari stres yang biasa dihadapi di kota-kota besar. Jika ada kemacetan, itu biasanya disebabkan oleh musibah atau kecelakaan.

  4. Banyak Bahasa - Karena banyak pendatang, rata-rata orang pribumi di Batam bisa berbicara dalam bahasa Kanton, Hokkien, Inggris, dan Mandarin.

  5. Seafood murah - Batam dikenal dengan kekayaan lautnya, sehingga kamu dapat menemukan banyak tempat makan seafood dengan harga murah.

  6. Penjual otak-otak - Masih banyak penjual makanan dengan harga murah di pusat Kota Batam. Menariknya, kamu bisa menemukan banyak penjual otak-otak di sana.

  7. Jarang terdengar klakson - Berbeda dengan di kota-kota besar lainnya, di Batam kamu akan jarang mendengar suara klakson, sehingga lingkungan menjadi lebih tenang dan tidak bising. Selain itu, membunyikan klakson di Batam kerap kali memicu pertengkaran sesama pengendara. Apalagi dengan adab yang tak baik seperti berulang kali.

  8. Toleransi Tinggi - Warga Batam jarang melakukan demo atau kerusuhan, karena tingkat toleransinya yang tinggi, serta lebih fokus pada hal-hal penting.

  9. Angkutan umum yang besar - Angkutan umum (angkot) di Batam lebih besar dan lebih bagus dibandingkan dengan angkot di kota-kota besar lainnya. Namun, beberapa masih ada yang ugal-ugalan.

  10. Mal sebagai tempat rekreasi - Tempat rekreasi favorit warga Batam adalah mal, karena jumlahnya yang banyak. Selain itu, mereka juga sering berkunjung ke pantai, Singapura, atau Malaysia.

Dengan berbagai hal unik dan kelebihannya, Batam mungkin bisa menjadi pilihan tempat tinggal yang menarik untuk kamu di masa depan. Namun, tetap ingat untuk selalu menghargai budaya dan adat istiadat setempat serta menjaga lingkungan yang tenang dan damai


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews