Kemacetan Tiban Diprediksi Hingga Akhir Tahun, Tunggu Proyek Pelebaran Jalan Rampung

Kemacetan Tiban Diprediksi Hingga Akhir Tahun, Tunggu Proyek Pelebaran Jalan Rampung

Kemacetan terjadi di Tiban. (@batamnewsonline)

Batam, Batamnews - Macet panjang lalu-lintas kerap terjadi di ruas jalan Tiban, Kecamatan Sekupang di pagi dan sore hari. Penyebab kemacetan akibat kepadatan pengguna jalan saat jam berangkat dan pulang kerja. Sementara saat ini proyek pelebaran jalan sedang dilakukan.

Kepala Unit (Kanit) Pengaturan, Penjagaan, Pengawalan dan Patroli (Turjawali), Satlantas Polresta Barelang, Ipda Yudhi Patra menyebut volume kendaraan tidak tertampung pada media jalan yang ada saat ini.

"Kemacetan ini dikarenakan bertambahnya volume kendaraan yang melintas di seputaran Tiban dan Sekupang," ujar Yudhi, Senin (29/8/2022).

Baca juga: Tiban Kini Jadi Kawasan Komersil yang Strategis di Kota Batam

Kendati demikian, lanjut Yudhi, kemacetan ini hanya bersifat sementara. Pasalnya ruas jalan sedang perbaikan dan pelebaran. Diperkirakan hingga akhir Desember. 

Menurutnya, perbaikan dan pelebaran jalan yang dilakukan tersebut guna kepentingan akses pengguna kendaraan yang kian bertambah.

"Perbaikan dan pelebaran jalan itu berakhir di bulan Desember ini Tadinya terdapat dua lajur akan dibuat menjadi 4 lajur agar dapat mengurai kemacetan," katanya. 

"Yang kita ketahui ruas jalan Tiban dan Sekupang itu merupakan akses yang dilalui masyarakat dari berbagai daerah, contohnya dari wilayah Batuaji, Tiban, Sekupang dan Marina menggunakan akses jalan tersebut," tambahnya.

Baca juga: Viral Penganiayaan Pengurus Masjid di Tiban, Polisi Tangkap Pelaku 

Ia mengimbau pengguna jalan dapat bersabar dengan situasi saat ini. Pasalnya, perbaikan jalan yang berlangsung guna kepentingan masyarakat demi lancarnya lalu-lintas di seputaran Tiban dan Sekupang. 

Yudhi juga berharap pengguna jalan bisa memaklumi jika ada pengalihan lalu-lintas saat pagi hari. Satlantas Polresta Barelang menurutnya akan melakukan pengaturan lalu-lintas ekstra di jalur tersebut.

"Untuk yang berada di Dobra seputaran Tiban sengaja kita alihkan berputar arah di lampu merah Sei Harapan di pagi hari. Kita juga bekerja sama dengan Dishub Batam untuk memperlambat waktu lampu hijau di Sei Harapan agar tak terjadi kepadatan," pungkasnya
 

(rez)