Polda Sumbar Terapkan Jalur Satu Arah Bukittinggi-Padang Selama Lebaran 2023, Berikut Jalur Alternatifnya

Polda Sumbar Terapkan Jalur Satu Arah Bukittinggi-Padang Selama Lebaran 2023, Berikut Jalur Alternatifnya

Polda Sumatera Barat mulai tanggal 19 April memberlakukan jalur satu arah Bukitttinggi-Padang

Batam, Batamnews - Polda Sumatera Barat (Sumbar) akan menerapkan jalur satu arah dari Bukittinggi ke Padang dan sebaliknya selama periode Lebaran 2023, dengan waktu pemberlakuan mulai H-3 hingga H+3. Aturan ini bertujuan untuk mengurangi kemacetan yang biasanya terjadi saat musim liburan Lebaran.

Baca juga: 7 Tempat Nongkrong Terbaik di Batam untuk Menikmati Kopi yang Enak

Kapolda Sumbar, Irjen Pol Suharyono, menyatakan bahwa pemberlakuan jalur satu arah dimulai pada tanggal 19-25 April 2023, dengan jam operasional dari pukul 12.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB untuk arah Padang-Bukittinggi, dan dari pukul 10.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB untuk arah sebaliknya. 

Jalur satu arah dari Padang ke Bukittinggi akan melalui Simpang Tiga Pasar Sicincin, Kayu Tanam, Lembah Anai, Kota Padang Panjang, Aia Angek Cottage, dan berakhir di Simpang Empat Padang Lua.

Sedangkan jalur satu arah dari Bukittinggi ke Padang akan melalui Padang Lua, Simpang Tiga Malalak, Pemandian Homsen Batangeh, Pasar Tandikek, dan berakhir di Simpang Tiga Koto Mambang Padang Pariaman.

Baca juga: Suku Terasing di Pedalaman Batam: Nasib Orang Darat Terakhir di Tengah Megaproyek Tomy Winata

Jalur Alternatif

Banyak pertanyaan muncul bagi pemudik dan pengguna jalan raya, bagaimana mereka yang tinggal di Padang Panjang. Apakah mereka yang datang dari Bukittinggi ke Padang Panjang harus memutar dulu ke Malalak dan Sicincin.

Kepala Dinas Perhubungan Tanah Datar Nusirwan di Batusangkar Rabu (19/4/2023), mengungkapkan bagi warga yang mau ke Padang Panjang atau ke Solok dan Batusangkar, bisa melewati jalur alternatif.

Baca juga: Larang ASN Bawa Kendaraan Dinas untuk Mudik Lebaran, Bupati Karimun: Jangan Coba-coba Ganti Pelat Nomor
 
Nusirwan menjelaskan bagi kendaraan yang berasal dari Bukittinggi atau Payakumbuh tujuan Sawahlunto, Sijunjung, dan Solok bisa melewati jalur alternatif Sungai Tarab-Lima Kaum Terminal Piliang via Gurun.

Untuk kendaraan yang berasal dari Bukittinggi tujuan Padang Panjang pada saat one way diberlakukan bisa melewati jalur alternatif Simpang Koto Tinggi-Lubuk Mata Kucing via Pandai Sikek, Koto Laweh dan Singgalang.

Sementara itu untuk kendaraan yang berasal dari Bukittinggi tujuan Batusangkar pada saat one way tidak diberlakukan bisa melewati jalur alternatif Paninjauan-Sikaladi via Andaleh.

Baca juga: Cara Check In Online Maskapai Lion Air

Sedangkan untuk kendaraan yang berasal dari Padang Panjang tujuan Bukittinggi pada saat one way tidak diberlakukan melewati jalur alternatif Kayu Tanduk-Simpang Koto Tinggi via Pandai Sikek.

"Terakhir untuk kendaraan yang berasal dari Solok tujuan Padang Panjang dan Batusangkar bisa melewati jalur alternatif Sumani-Sumpur via Malalo," jelasnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews