BNPB Kirim 2 Helikopter Tangani Bencana Longsor di Natuna

BNPB Kirim 2 Helikopter Tangani Bencana Longsor di Natuna

Ilustrasi helikopter milik BNPB. (Foto: BNPB)

Batam, Batamnews - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengirimkan dua unit helikopter untuk penanganan bencana longsor di Kecamatan Serasan, Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau.

Abdul Muhari, Plt Kepala Pusat Data dan Informasi BNPB mengatakan helikopter tersebut akan tiba pada Selasa (7/3/2023) bersama dengan rombongan Kepala BNPB.

"Dukungan logistik berupa makanan siap saji bagi pengungsi untuk tiga hingga empat hari ke depan juga dibawa," kata Muhari, Selasa pagi.

Baca: Bencana Longsor di Natuna: 10 Korban Jiwa Ditemukan, 1.216 Jiwa Mengungsi

Selain itu, lanjutnya, kebutuhan yang lain bagi pengungsi berupa selimut, tenda besar empat unit, tenda keluarga 100 unit. Bantuan ini akan dibawa menggunakan pesawat khusus dari Jakarta.

Terkait dengan pengiriman dua unit helikopter, Muhari mengatakan hal ini dilakukan untuk mempersingkat jarak dan waktu.

"(Serasan) ini adalah pulau kecil yang jika ditempuh menggunakan kapal butuh waktu tujuh jam dari ibukota Natuna," ujarnya.

Baca: Banjir Bandang di Serasan Natuna, 6 Jam Menuju Lokasi dan Sinyal Minim

Diharapkan, sore ini helikopter tersebut sudah sampai di Natuna dan besok pagi bisa digunakan untuk meninjau lokasi serta mendistribusikan bantuan logistik.

Muhari menambahkan posko darurat bencana longsor juga sudah didirikan hari ini. Harapannya penanganan distribusi bantuan dan pengungsi bisa lebih baik.

Sementara itu, ia juga menyebutkan proses pencarian para korban juga terkendala komunikasi. Sehingga, BNPB menyiapkan perangkat satelit untuk memudahkan proses komunikasi di lokasi bencana.

Baca: Breaking News! Longsor di Serasan Natuna, 50 Orang Dilaporkan Hilang

Kemudian, cuaca juga menjadi kendala dikarenakan dalam beberapa hari terakhir hujan mengguyur Kabupaten Natuna.

"Ini yang harus diperhatikan, karena kondisi lokasi dan mengantisipasi longsor susulan," ujarnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews