Syarat Wisman Singapura Masuk Kepri Makin Longgar, Cukup Tes Antigen

Syarat Wisman Singapura Masuk Kepri Makin Longgar, Cukup Tes Antigen

Gubernur Kepri, Ansar Ahmad mendatangi kantor BNPB di Jakarta terkait syarat masuk wisman Singapura ke Kepri. (Foto: Ist)

Tanjungpinang, Batamnews - Wisatawan mancanegara (Wisman) asal Singapura yang akan berlibur di Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) tidak perlu lagi melakukan tes PCR di pelabuhan.

Informasi itu diperoleh Gubernur Kepri, Ansar Ahmad saat melakukan kunjungan ke Kantor Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) di Jakarta, Selasa (5/4/2022).

Kepala BNPB, Mayjen TNI Suharyanto melalui Deputi III Bidang Penanganan Darurat, Mayjen TNI Fajar Setyawan dan Direktur Dukungan Sumber Daya Darurat, Rustian menyampaikan, pemerintah pusat akan segera mengeluarkan surat edaran yang mengatur tentang syarat masuk wisatawan dari Singapura khusus ke Kepri.

Baca juga: Kunjungan Wisman ke Batam Naik Drastis, Dunia Pariwisata Batam Pulih?

Walaupun tidak lagi menjalani tes PCR, tapi wisatawan dari Singapura tetap diwajibkan melakukan tes antigen. Gubernur Ansar mengatakan, pemberlakuan hanya tes antigen bagi wisatawan Singapura akan berlaku di semua pintu masuk internasional di Kepri.

"Hal ini tentunya merupakan kabar baik agar wisatawan Singapura lebih tertarik berlibur ke Kepri, karena syaratnya semakin memudahkan mereka," ujar Ansar.

Alasan tidak perlu diberlakukannya tes PCR dan hanya perlu tes rapid antigen bagi wisatawan Singapura disebabkan karena negara Singapura juga hanya mensyaratkan tes rapid antigen bagi wisatawan yang masuk ke negara itu.

Nantinya usai surat edaran dari pemerintah yang mengatur tentang pemberlakuan masuk wisatawan Singapura ke Kepri sudah keluar, Ansar juga akan melanjutkan dengan mengeluarkan surat edaran serupa, sebagai turunannya.

Baca juga: Catat, Seluruh Pintu Masuk Wisman ke Kepri Dibuka Awal April

Dengan begitu, wisatawan Singapura dapat segera berlibur ke Kepri dengan kemudahan dan membangkitkan kembali pariwisata di Kepri.

"Mengembalikan kejayaan dunia pariwisata di Kepri adalah hal yang sedang kita gesa. Upaya koordinasi, komunikasi, konsultasi dan cara lainnya, terkait kebijakan regulasi kita lakukan," ujar Ansar.

"Kita ingin agar aturan wisaman masuk ke Kepri dipermudah. Dan dengan tidak perlu PCR atau hanya cukup antigen bagi wisman yang datang ke Kepri, ini adalah kebijakan baru pemerintah," sambungnya.

Untuk memaksimalkan pintu masuk wisman dari Singapura, Ansar juga meminta agar pelabuhan internasional Tanjungbalai Karimun segera dibuka jalur dari Singapura dan Malaysia.

(cr1)