Kejari Batam Sudah Terima Berkas Tahap Kasus Sabu Azhari David Yolanda

Kejari Batam Sudah Terima Berkas Tahap Kasus Sabu Azhari David Yolanda

Azhari David Yolanda, anggota DPRD Batam dari Partai NasDem bersama teman wanitanya, Nt saat dihadirkan dalam ekspos perkara di Mapolresta Barelang. (Foto: Reza/batamnews)

Batam, Batamnews - Kejaksaan Negeri (Kejari) Batam, Kepulauan Riau, telah menerima Surat Pemberitahuan Dimulainya Penyidikan (SPDP) kasus narkotika yang melibatkan oknum anggota DPRD Batam, Azhari David Yolanda.

Kasi Intel Kejari Batam, Riki Saputra, mengatakan pihaknya telah menerima SPDP dari penyidik Polresta Barelang pada 30 Januari 2023 lalu.

"Iya, (SPDP dari penyidik Satnarkoba) sudah kami terima akhir bulan lalu tepatnya tanggal 30 Januari," kata Riki, Jumat (3/2/2023).

SPDP itu merupakan tahapan awal dan pemberitahuan adanya penyidikan di kepolisian. Kini, pihaknya masih menunggu pemberkasan dari Penyidik Satnarkoba Polresta Barelang.

"Tahap 1 masih kita tunggu. Biasanya lama waktunya tergantung penyidik. Biasanya sebulan pasca SPDP berkas penyidikan sudah kita terima," ujarnya.

Baca: Massa Geruduk DPRD Batam Tuntut Azhari David Yolanda Segera Dipecat

Jika lebih dari sebulan jaksa tak menerima berkas tersebut, kemungkinan pihaknya akan mengirimkan surat ke Polresta Barelang untuk menanyakan proses penyidikan yang dilakukan.

"Termasuk apa yang jadi kendalanya. Tujuannya supaya JPU (Jaksa Penuntut Umum) dapat segera mempelajari berkas itu," kata dia.

Azhari David Yolanda bersama teman wanitanya berinisial Nt telah ditetapkan sebagai tersangka dan dijerat dengan pasal kepemilikan narkoba yakni pasal 112 atau 114 jo 132 UU Narkotika dengan ancaman minimal 4 tahun penjara, serta denda maksimal Rp 10 miliar.

Baca: Fakta-fakta Azhari David Yolanda Anggota DPRD Batam Ditangkap di Kamar Hotel

Untuk diketahui, anggota Polresta Barelang menangkap Azhari David bersama Nt di salah satu kamar di Pacific Palace Hotel, Batam pada Rabu (25/1/2023) pekan lalu. 

Dari keduanya, polisi menemukan barang bukti narkotika berupa 0,24 gram sabu. 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews