Karir Politik Azhari David Yolanda di DPRD Batam Terancam Tamat

Karir Politik Azhari David Yolanda di DPRD Batam Terancam Tamat

Azhari David Yolanda, anggota DPRD Batam dari Partai NasDem. (Foto: ist)

Batam, Batamnews - Kasus narkotika yang menjerat anggota DPRD Kota Batam, Kepulauan Riau, Azhari David Yolanda masih menjadi buah bibir.

Tak hanya berurusan dengan hukum, kader Partai NasDem yang telah berstatus tersangka dalam kasus tersebut, karir politiknya juga terancam tamat.

Badan Kehormatan (BK) DPRD Kota Batam telah mengambil ancang-ancang untuk menggelar rapat internal membahas tindakan selanjutnya terhadap Azhari David.

"Nanti hari Jumat kemungkinan kita rapat internal mengenai itu," kata Anggota BK DPRD Batam, Arlon Veristo, Rabu (1/2/2023).

Baca: NasDem Kepri Tunggu Status Penetapan Tersangka Azhari David Terkait PAW

Kemungkinan Pergantian Antar Waktu (PAW) terhadap David pun semakin besar. Sekretaris DPW Partai NasDem Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), Muhammad Kamaluddin mengatakan jika berdasarkan mekanisme yang berlaku harus dilakukan PAW, maka pihaknya akan mengambil keputusan tersebut. 

“Ya kalau memang sesuai aturan begitu (PAW) ya harus diikuti," kata dia. 

Sementara, Ketua Fraksi NasDem DPRD Batam, Taufik Muntasir mengatakan, tahapan menuju PAW memang agak panjang. 

Baca: Anggota DPRD Batam Azhari David Resmi Ditetapkan Sebagai Tersangka Kasus Narkoba

Menurutnya, DPRD dan partai harus melihat aturan-aturan yang telah dilanggar oleh pelaku. Begitu juga dengan proses hukumnya.

"Kalau sudah melanggar kode etik, kita dari partai pasti akan mengambil tindakan. Salah satu konsekuensinya, ya, begitu (PAW)," kata Ace, sapaan akrabnya.

Ace lebih menyerahkan permasalahan tersebut ke petinggi partai. Ia yakin keputusan terbaik sudah didapat.

"Sambil menunggu BK juga. Kita lihat saja nanti bagaimana," pungkasnya.

Jika David di-PAW, sebagai penggantinya yakni caleg yang memperoleh suara terbanyak kedua setelahnya. Dalam hal ini, Rival Pribadi diperkirakan bakal duduk di legislator. 

Baca: Rival Pribadi Berpeluang Gantikan Azhari David Yolanda di DPRD Batam

Berdasarkan hasil rekapitulasi suara pada pemilu 2019 di Dapil IV yang meliputi Sekupang dan Belakangpadang, Azhari memperoleh 6.151 suara dan Rival Pribadi memperoleh 3.915 suara. 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews