Disbudpar Bakal Gelar Malam Cap Go Meh 2023 di Tanjungpinang, Catat Tanggal dan Lokasinya

Disbudpar Bakal Gelar Malam Cap Go Meh 2023 di Tanjungpinang, Catat Tanggal dan Lokasinya

Ilustrasi perayaan Cap Go Meh. (Foto: KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMO)

Tanjungpinang, Batamnews - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Tanjungpinang bakal menggelar Partisipasi Event Temporer "Perayaan Malam Cap Go Meh", pada Minggu (5/2/2023).

Sejumlah atraksi keberagaman seni dan budaya akan meriahkan perayaan malam Cap Go Meh yang dipusatkan di Jalan Merdeka, Kota Lama Tanjungpinang, Kepulauan Riau (Kepri) itu.

Kepala Disbudpar Tanjungpinang, Muhammad Nazri menyatakan bahwa penyelenggaraan event perayaan malam Cap Go Meh ini merupakan salah satu upaya Disbudpar untuk kebangkitan pariwisata di Kota Tanjungpinang.

Baca juga: Januari 2023, Inflasi Kepri Lebih Rendah Dibanding Nasional

"Setelah vakum selama tiga tahun karena covid-19, tahun ini waktu yang baik untuk kita membangkitkan kembali event-event pariwisata di Kota Tanjungpinang," ujar Nazri, Kamis (2/2/2023) melansir laman resmi Pemko Tanjungpinang.

Event ini, lanjutnya, dikemas dalam konsep alkulturasi seni dan budaya, ada Melayu, Jawa, dan Tionghoa. Konsep ini dilakukan dengan tujuan untuk memperkenalkan sekaligus mengangkat tradisi yang ada di Kota Tanjungpinang.

Dalam event ini nantinya, masyarakat bisa menikmati pertunjukkan seni barongsai dan naga, reog suro menggolo, musik Melayu staman akustik, dan penampilan penyanyi lagu Mandarin.

Ada juga makan nasi kunyit bersama, yang merupakan salah satu dari tradisi etnis Tionghoa pada malam perayaan Cap Go Meh.

Baca juga: Angka Stunting di Kepri Turun Signifikan, Kepala BKKBN: Keren!

"Ibu Wali Kota Tanjungpinang, Rahma diagendakan akan membuka acara ini. Untuk makan bersama, kita sudah menyiapkan 500 nasi kunyit untuk masyarakat yang menyaksikan perayaan malam Cap Go Meh," ucapnya.

Ke depan, kata Nazri, perayaan malam Cap Go Meh ini akan menjadi salah satu event tahunan yang akan digelar di kota Tanjungpinang.

Untuk itu, ia mengajak masyarakat untuk hadir dan menyaksikan acara perayaan malam cap go meh 2023, yang akan berlangsung di Jalan Merdeka Kota Lama Tanjungpinang akhir pekan ini.

"Mudah-mudahan event ini dapat menarik pengunjung wisatawan baik lokal maupun mancanegara dan juga menghidupkan kembali kawasan kota lama," harapnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews