Pemprov Kepri Gelontor Puluhan Miliar Anggaran Pendidikan untuk Natuna

Pemprov Kepri Gelontor Puluhan Miliar Anggaran Pendidikan untuk Natuna

Kepala Dinas Pendidikan Kepri, Andi Agung.

Tanjungpinang, Batamnews - Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau mengalokasikan puluhan miliar anggaran pendidikan untuk Kabupaten Natuna

Dana itu diperuntukkan pembangunan proyek fisik serta peralatan pendukungnya di beberapa sekolahan yang tersebar di 7 kecamatan, di kabupaten tersebut.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Kepri, Andi Agung, mengatakan anggaran pendidikan melalui APBD 2023 di seluruh kabupaten/kota di Provinsi Kepri telah dialokasikan. Khusus untuk Natuna dana yang dikucurkan sebesar Rp 22 miliar.

"Tahun ini, Pemprov Kepri melalui Disdik  mengalokasikan anggaran Rp 22 miliar untuk 7 kecamatan di Kabupaten Natuna," ujar Andi, belum lama ini.

Secara rinci, kata Andi, dana yang dikucurkan untuk Kecamatan Bunguran Selatan sebesar Rp 1 miliar, Kecamatan Bunguran Timur Rp 3 miliar, dan Kecamatan Bunguran Utara Rp 3,5 miliar.

Baca: Pemkab Natuna Jajaki Kerja Sama Beasiswa Pendidikan dengan Universitas Batam

Lalu Kecamatan Bunguran Barat dengan anggaran senilai Rp 3 miliar, Kecamatan Bunguran Timur Laut Rp 3 miliar, Kecamatan Subi senilai Rp 2,5 miliar dan di Kecamatan Midai senilai Rp 2 miliar.

"Paling besar dikucurkan untuk Kecamatan Bunguran Utara yaitu Rp 3,5 miliar sementara paling sedikit itu di Bunguran Selatan hanya Rp 1 miliar," jelasnya.

Nantinya dari dana yang dialokasikan tersebut dipergunakan untuk beberapa item proyek fisik beserta peralatannya di sekolah-sekolahan yang tersebar di 7 kecamatan. Seperti membangun ruang UKS, ruang OSIS, ruang guru, ruang kepala sekolah dan ruangan laboratorium seperti Kimia, Fisika dan Biologi. 

"Mudah-mudahan dengan dibangunnya fasilitas tersebut bisa bermanfaat bagi generasi emas di Kabupaten Natuna," sebutnya.

Baca: Cair! 1.200 Pelajar di Kepri Terima Bantuan Pendidikan PIP Aspirasi Cen Sui Lan

Anggota DPRD Kabupaten Natuna Eri Marka mengucapkan rasa terimakasih kepada Pemprov Kepri karena sudah mengalokasikan anggaran pendidikan 2023 di Kabupaten Natuna.

"Saya mengucapkan terimakasih Pemprov Kepri sudah memberikan informasi terkait dengan alokasi anggaran Pendidikan di Kabupaten Natuna tahun 2023," katanya.

Sementara itu, Penasihat Asosiasi Pengawas Sekolah Indonesia (APSI) Provinsi Kepri, Dewi Kumalasari mengatakan bahwa dengan alokasi anggaran pendidikan di Kabupaten Natuna 2023 tersebut dinilai bermanfaat guna memajukan dunia pendidikan di Kabupaten Natuna.

(ary)

Komentar Via Facebook :