Kepri Pamerkan Kerupuk Gonggong hingga Ikan Teri di Hari Ikan Nasional 2022 Sulteng

Kepri Pamerkan Kerupuk Gonggong hingga Ikan Teri di Hari Ikan Nasional 2022 Sulteng

DKP Kepri kenalkan produk olahan ikan di Hari Ikan Nasional (Foto: Ist/Antara)

Tanjungpinang, Batamnews - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepulauan Riau (Kepri), memamerkan puluhan produk olahan ikan menjelang acara puncak Hari Ikan Nasional ke-9 di Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah (Sulteng).

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kepri, Tengku Said Arif Fadillah mengatakan, produk kemasan yang dipamerkan di Parigi Moutong seperti kerupuk tenggiri, kerupuk gonggong dendeng cumi, dan ikan teri.

"Seluruh makanan olahan hewan laut itu merupakan produk usaha mikro kecil menengah di Kepri yang digemari wisatawan," kata dia, melansir Antara, Senin (21/11/2022).

Ia berharap produk makanan sehat itu menjadi magnet bagi masyarakat  Indonesia, khususnya Sulawesi Tengah untuk berkunjung ke Kepri. Di Kepri juga terdapat banyak makanan khas Melayu yang bahan utamanya dari ikan, seperti ikan asam pedas, ikan bakar, sop ikan, ikan pindang, dan ikan yang dimasak saos.

Baca juga: HUT Ke-19 Lingga, Dinas Pertanian Tanam Padi Serentak di Lima Lokasi

"Walaupun nama masakannya mungkin hampir sama seperti daerah lainnya, tetapi cita rasanya berbeda. Pasti lebih enak," ucapnya.

Pemerintah pusat dan daerah memberi stimulus agar usaha nelayan berkembang pesat, seperti memberi bantuan bibit ikan kerapu dan bawal bintang. Pemerintah juga membina nelayan yang mengembangkan usaha budidaya ikan itu. 

"Masyarakat Kepri hanya mengonsumsi ikan segar. Ini sebagai sumber protein utama;" ujarnya.

Selain itu, kata dia pemerintah pusat dan daerah mendorong budidaya rumput laut di Kabupaten Lingga dan Kabupaten Karimun. Rumput laut menjadi sebagai sumber pendapat utama bagi warga pesisir di kawasan pengembangan komoditas tersebut. 

"Kami berharap kesejahteraan nelayan meningkat dengan budidaya rumput laut tersebut," pungkasnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews