Batam Jajaki Kerjasama dengan Kediri dan Lombok untuk Suplai Bahan Pokok

Batam Jajaki Kerjasama dengan Kediri dan Lombok untuk Suplai Bahan Pokok

Ilustrasi.

Batam, Batamnews - Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Batam, Kepulauan Riau menjajaki kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Kediri dan Pemerintah Kabupaten Lombok Timur. 

Kerjasama ini berupa ketersediaan bahan pokok jelang akhir tahun. Kedua kabupaten ini dipilih sebagai opsi jika distribusi bahan pokok dari daerah penghasil lain yang telah bekerjasama mengalami kendala. 

Kepala Disperindag Kota Batam, Gustian Riau mengatakan ongkos pesawat dari Kediri maupun Lombok Timur cukup mahal, sehingga diakuinya kedua daerah tersebut masih dijadikan opsi. 

"Di Kediri lebih dominan cabai dan kentang. Dikirim pakai pesawat karena memang sudah murah dari sana. Jual Rp 35 ribu di sini masih laku," ujarnya, Sabtu (19/11/2022). 

Sebelumnya, beberapa waktu yang lalu Pemko Batam, telah melakukan Memorandum of Understanding (MoU) dengan sejumlah daerah penghasil perihal pasokan bahan pangan. 

Di antaranya telah bekerja sama dengan Tapanuli Utara dan Simalungun untuk memasok sejumlah bahan pangan seperti cabai, kentang, lengkuas, jeruk, telur, dan sejumlah bahan lainnya. 

"Kami sudah MOU dengan Tapanuli dan Simalungun. Untuk sejumlah bahan termasuk telur. Makanya harga di Batam jadi turun,” katanya.

Walaupun begitu, di musim penghujan saat ini, rentan terjadi kendala pendistribusian bapok. Sehingga opsi lain dipilih dari Kediri dan Lombok Timur. 

Oleh karena itu, pihaknya memastikan Kebutuhan sejumlah komoditas barang pokok (bapok) di Kota Batam hingga akhir tahun 2022 aman. Selain itu, pihaknya juga berupaya untuk menjaga stabilitas harga agar tak mengalami kenaikan yang cukup signifikan.

"Kita sudah bekerjasama dengan para distributor di Batam, agar menekan kenaikan harga bapok di Batam," ucapnya. 

Selanjutnya....

 

Di samping itu, Pemko Batam juga masih menggelar Pasar Murah hingga Desember 2022 mendatang. Seluruh bapok dijual dengan harga lebih murah dibandingkan harga pasar dengan kualitas yang baik.

Sehingga masyarakat Kota Batam bisa terbantu. Pasca adanya kenaikan BBM ini dan akhir tahun.

Adapun jadwal dan titik lokasi Pasar Murah Pemko Batam sebagai berikut:

1. Kecamatan Bengkong, depan Kantor Camat Bengkong, 1 November 2022
2. Kecamatan Sekupang depan SMPN 25, 3 November 2022.
3. Kecamatan Sagulung di depan Kantor Camat Sagulung 7 dan 9 November 2022
4. Kecamatan Batuaji (15 dan 17 November) 2022.
5. Kecamatan Batuampar (21 November, dan 5 Desember) 2022.
6. Kecamatan Seibeduk (29 November dan 1 Desember) 2022
7. Kecamatan Galang (23 November dan 7 Desember) 2022.

(ret)
Komentar Via Facebook :