HUT Ke-19 Lingga, Dinas Pertanian Tanam Padi Serentak di Lima Lokasi

HUT Ke-19 Lingga, Dinas Pertanian Tanam Padi Serentak di Lima Lokasi

Kegiatan penanaman padi serentak di lahan sawah wisata Desa Panggak Darat (Foto: Istimewa untuk Batamnews)

Lingga, Batamnews - Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Lingga, menggelar penanaman padi serentak dengan tajuk `Gerakan Tanam Serentak Panen Serempek`, Minggu (20/11/2022) sore. Kegiatan dipusatkan di lahan percetakan sawah wisata yang ada di Desa Panggak Darat.

Ada lima lokasi penanaman padi yang dilakukan yakni, Desa Sungai Besar Kecamatan Lingga Utara, Desa Panggak Darat Kecamatan Lingga, Desa Kerandin dan Bukit Langkap Kecamatan Lingga Timur, serta Desa Lanjut Kecamatan Singkep Pesisir, dengan luas tanam seluruhnya 15 hektare (Ha).

Kepala DPKP Lingga, Gandime Diyanto ST, M.IP mengatakan, penanaman serentak ini dalam rangka optimalisasi lahan pertanian dan mendukung swasembada beras nasional serta bersempenaan peringatan Hari Jadi Ke-19 Kabupaten Lingga.

Baca juga: Lingga Rayakan HUT ke-19, Bupati Nizar: Mari Berjuang Lebih Keras

"Gerakan tanam serentak panen serempak ini sengaja dicanangkan oleh Dinas Pertanian untuk memotivasi petani di seluruh wilayah Kabupaten Lingga," kata Gandime didampingi Kepala Bidang (Kabid) Pertanian, Hernowo kepada Batamnews, Senin (21/11/2022).

Selain itu, penanaman ini sekaligus dalam rangka optimalisasi lahan pertanian dengan tujuan meningkatkan Indeks Pertanaman (IP) dan Produktifitas Lahan Sawah.

"Adapun varietas benih yang ditanam Inpari 42. Obat-obatan untuk hama dan penyakit disediakan oleh Dinas Pertanian," sebutnya.

Baca juga: Ada Tempat Nongkrong Asyik Nih di Ibu Kota Lingga Selain Taman Tanjung Buton

Sektor pertanian memiliki peranan yang sangat penting dalam pembangunan daerah, bukan saja memberikan andil terhadap Ketahanan Pangan, tetapi juga memberikan kontribusi yang sangat besar terhadap perkembangan perekonomian baik menyangkut pedapatan petani maupun peluang membuka lapangan kerja.

"Asal kita tekun dan tidak mudah putus asa dalam mengolah sawah, Insya Allah kita pasti berhasil dan untung," ucap Gandime.

Sebagaimana diketahui, kegiatan penanaman padi serentak yang dipusatkan di lahan sawah wisata Desa Panggak Darat, Minggu (20/11/2022) itu turut dihadiri Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Pariwisata, Camat Lingga, Babinsa, Kepala Desa Panggak Darat, Ketua BPD Panggak Darat, Kelompok Tani dan anggota serta tamu undangan lainnya.

(ruz)
Komentar Via Facebook :