Sebaran Kasus Corona di Kepri: Anambas dan Lingga Nihil

Sebaran Kasus Corona di Kepri: Anambas dan Lingga Nihil

Ilustrasi

Tanjungpinang, Batamnews - Sebaran kasus konfirmasi Covid-19 masih ditemukan di Provinsi Kepulauan Riau (Kepri). Hal ini diungkapkan langsung Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kepri, Tjetjep Yudiana di Tanjungpinang, Jumat (21/10/2022).

Ia menyebut, Kabupaten Natuna sempat nihil kasus aktif Covid-19 selama lebih sebulan, namun sehari lalu muncul satu kasus baru di Natuna.

Satgas pun menetapkan Anambas sebagai zona hijau, sedangkan Lingga masih zona kuning atau risiko penularan rendah, sama seperti lima kabupaten dan kota lainnya di Kepri.

Baca juga: Balita Gagal Ginjal Misterius Tingkat Kematian 50 Persen

"Jumlah kasus aktif di Kepri, khususnya di Batam relatif meningkat dibanding pekan lalu," ujarnya.

Mantan Kepala Dinas Kesehatan Kepri itu mengemukakan, berdasarkan laporan harian Satgas Penanganan COVID-19, jumlah pasien di Kepri bertambah dua orang sehingga menjadi 27 orang.

Kasus aktif di Kepri tersebar di Batam sebanyak 17 orang, Tanjungpinang lima orang, Karimun dua orang dan Bintan empat orang. Jumlah pasien yang dinyatakan sembuh dari Covid-19 hanya satu orang. Pasien tersebut merupakan warga Batam.

"Tidak ada kasus kematian akibat COVID-19," ungkapnya.

Baca juga: Daftar 5 Provinsi dengan Sebaran Kasus Gagal Ginjal Akut Anak Terbanyak di RI

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kepri Muhammad Bisri mengatakan rata-rata warga yang tertular Covid-19 bergejala ringan dan mudah sembuh karena terbentuk sistem kekebalan tubuh. Pasien yang tertular Covid-19 dalam kondisi kritis biasanya belum divaksin, sudah lansia, dan memiliki penyakit penyerta.

"Lansia yang sudah vaksin pun kebanyakan mudah sembuh. Kalau yang belum vaksin kebanyakan bergejala berat karena memiliki penyakit penyerta," ujarnya.

Menurut dia, Kepri belum bersih dari Covid-19 sehingga masyarakat tidak boleh lengah. Saat ini, semakin banyak orang yang tidak menggunakan masker saat berinteraksi maupun ketika berada di tempat keramaian.

"Kondisi Covid-19 di Kepri terkendali, meski belum bersih secara merata. Kita harus konsisten gunakan masker saat berinteraksi dan menjaga kebersihan diri jika ingin Kepri segera nihil kasus aktif," pungkasnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews