Daftar 5 Provinsi dengan Sebaran Kasus Gagal Ginjal Akut Anak Terbanyak di RI

Daftar 5 Provinsi dengan Sebaran Kasus Gagal Ginjal Akut Anak Terbanyak di RI

Ilustrasi

Jakarta, Batamnews - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI mencatat per Selasa (18/10/2022), ada 206 anak didiagnosa mengalami penyakit gagal ginjal akut atau acute kidney infection (AKI).

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan, kematian anak akibat penyakit tersebut telah mendekati angka 50 persen.

"Mengingat balita yang teridentifikasi AKI sudah mencapai 70-an per bulan (realitasnya pasti lebih banyak dari ini), dengan fatality/kematian rate mendekat 50 persen," beber Menkes dalam keterangan tertulis, mengutip detikcom, Kamis (20/10/2022).

Baca juga: Pengumuman, Kemenkes Instruksikan Seluruh Apotek Setop Sementara Jual Obat Sirup

Dari total 206 kasus gagal ginjal akut yang ada, sekitar 99 anak di antaranya meninggal dunia. Untuk mencegah bertambahnya kasus, Kemenkes mengimbau untuk menghentikan penggunaan obat cair atau sirup untuk sementara waktu dan menyarankan untuk memberikan obat dalam bentuk lain jika anak sakit.

"Kementerian Kesehatan mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk melakukan pengobatan anak sementara ini tidak mengkonsumsi obat dalam bentuk cair atau sirup tanpa berkonsultasi pada tenaga kesehatan, termasuk dokter," jelas dr Syahril dalam konferensi pers, Rabu (19/10/2022).

"Sebagai alternatif, dapat menggunakan dapat menggunakan obat dalam bentuk sediaan lain, seperti tablet, kapsul, suppositoria, atau lainnya," lanjutnya.

Sejauh ini, sudah ada 20 provinsi yang melaporkan temuan kasus gagal ginjal akut pada anak. Dikutip dari data Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) dan Kemenkes, berikut 5 provinsi terbanyak yang melaporkan penyakit misterius terbanyak di Indonesia:

 

- DKI Jakarta

Sembuh: 9 orang
Dalam perawatan: 10 orang
Meninggal: 21 orang

- Jawa Barat

Sembuh: 3 orang
Dalam perawatan: 12 orang
Meninggal: 25 orang

- Jawa Timur

Sembuh: 5 orang
Dalam perawatan: 1 orang
Meninggal: 10 orang
Dalam verifikasi: 9 orang

- Sumatera Barat

Dalam perawatan: 5 orang
Meninggal: 10 orang
Dalam verifikasi: 3 orang

- Aceh

Dalam perawatan: 5 orang
Meninggal: 10 orang
Dalam verifikasi: 3 orang


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews