Kesadaran Berkendara dengan Helm di Karimun Rendah, Tampak saat Operasi Zebra

Kesadaran Berkendara dengan Helm di Karimun Rendah, Tampak saat Operasi Zebra

Razia lalulintas di Karimun. (Dok. Batamnews)

Karimun, Batamnews - Kesadaran pengendara di Kabupaten Karimun mengenakan pelindung kepala (helm) masih rendah. Hal itu tampak dari jumlah pelanggaran yang mendominasi saat Operasi Zebra oleh Satlantas Polres Karimun selama dua pekan.

Kasat Lantas Polres Karimun AKP Eko Aprianto mengatakan, selama berlangsungnya Operasi Zebra pihaknya mencatat 440 pelanggaran. Dari jumlah itu sebanyak 287 pelanggaran pengendara yang tidak menggunakan helm.

"Ada 440 teguran kami keluarkan selama operasi ini. Masih banyak pengendara yang tidak memperhatikan unsur keselamatan," kata Eko, Selasa (18/10/2022).

Baca juga: Kasat Lantas Polresta Barelang: Operasi Zebra Kedepankan Edukasi secara Humanis

Selain banyaknya pengendara yang tidak menggunakan helm, juga didapat pengendara di bawah umur, melawan arus dan menggunakan kendaraan tidak sesuai standar yang telah ditentukan.

"Ada 287 pengendara kami berikan teguran karena tidak menggunakan helm saat berkendara," ujarnya.

Pelanggaran lain yang ditemukan oleh petugas, antara lain pengendara masih dibawah umur sebanyak 15 pelanggaran, kendaraan tidak sesuai standart 98 kasus, dan melawan arus atau rambu sebanyak 40 pelanggar.

Baca juga: Larang Personel Tilang Manual saat Operasi Zebra 2022, Korlantas Polri: Pakai ETLE

"Seluruhnya kami berikan teguran. Kami harapkan ini menjadi pelajaran untuk masyarakat dan kedepan bisa lebih tertib dalam berlalu lintas," katanya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews