Catat, Ini Sasaran Operasi Zebra Seligi 3-16 Oktober 2022 di Lingga

Catat, Ini Sasaran Operasi Zebra Seligi 3-16 Oktober 2022 di Lingga

Kapolres Lingga saat memimpin apel gelar pasukan Operasi Zebra Seligi 2022 di Halaman Mako Polres Lingga. (Foto: ist)

Lingga, Batamnews - Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Lingga, menggelar Operasi Zebra Seligi 2022, mulai Senin (3/10/2020) hingga dua pekan ke depan atau tepatnya 16 Oktober 2022. Operasi ini dilakukan untuk menekan jumlah pelanggaran lalu lintas.

Apel gelar pasukan sudah pun digelar di Halaman Mako Polres Lingga, Senin (3/10/2022), dengan dipimpin langsung Kapolres Lingga AKBP Fadli Agus, S.I.K., M.H.

Kapolres yang menyampaikan amanat Kapolda Kepri itu menyebut bahwa pelaksanaan operasi ini menjawab permasalahan di bidang lalu lintas dengan meningkatnya jumlah kendaraan bermotor dan populasi penduduk yang memerlukan alat transportasi sebagai sarana mobilitas.

Baca juga: Korupsi Pengadaan Pupuk, Mantan Kadis Pertanian Lingga Ditahan Kejari

"Dalam rangka membangun tertib berlalu lintas guna mewujudkan kamseltibcar lantas yang presisi, sesuai amanat UU Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, diharapkan kepada seluruh personil Polri didukung stakeholder terkait, dapat meningkatkan kualitas keselamatan dan menurunkan jumlah kecelakaan dan fatalitas korban kecelakaan lalu lintas serta meningkatkan pelayanan publik," ujar Kapolres dalam amanatnya.

Operasi Kepolisian dengan sandi Zebra Seligi 2022 ini dilaksanakan di seluruh Indonesia dengan target bagi masyarakat yang tidak mematuhi peraturan lalu lintas serta lokasi rawan pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas.

Adapun sasaran prioritas dalam kegiatan operasi ini adalah penegakan hukum dengan E-Tilang dan teguran pada 7 prioritas pelanggaran yaitu, penggunaan handphone saat mengemudi, melawan arus, berboncengan lebih dari satu orang, serta pengemudi di bawah umur.

Baca juga: Kapolres Lingga, Camat hingga Warga Dua Desa di Singkep Barat Goro Perbaiki Jembatan Rusak

Selanjutnya tidak menggunakan helm SNI, dan pengendara yang dalam pengaruh atau mengkonsumsi alkohol serta mengemudikan kendaraan melebihi batas kecepatan.

"Diharapkan bagi anggota yang terlibat dalam operasi ini dapat mengutamakan faktor keamanan dan keselamatan, mengedepankan tindakan preventif serta simpatik dan humanis kepada masyarakat," ujar Kapolres.

"Kemudian hindari tindakan pungli dalam melaksanakan tugas, pahami psikologis masyarakat dengan memberikan edukasi terkait pentingnya keselamatan saat berlalu lintas dan jalin komunikasi dan sinergitas dengan TNI dan instansi terkait" pungkas Kapolres Lingga mengakhiri.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews