Disbudpar Batam Gelar Beragam Lomba Semarakkan Hari Jadi Museum Raja Ali Haji

Disbudpar Batam Gelar Beragam Lomba Semarakkan Hari Jadi Museum Raja Ali Haji

Dataran Engku Putri Batam Center.

Batam, Batamnews - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Batam melalui Unit Pelaksana Teknis (UPT) museum menggelar serangkaian lomba dalam rangka memperingati Hari Jadi Museum Batam Raja Ali Haji ke-2, serta Hari Museum Indonesia tahun 2022.

Kepala UPT Museum, Senny Thirtywani didampingi Kepala Sub Bagian (Kasubag) Tata Usaha, Muhammad Irzal menjelaskan, ragam lomba yang digelar adalah lomba puisi, foto, vlog dan lomba interpretasi Gurindam 12 secara online.

Proses pendaftaran telah dimulai sejak bulan September, sedangkan penjurian pada tanggal 6-7 Oktober lalu. Selain menggelar lomba, mulai tanggal 10-16 Oktober, beragam  kegiatan pun dihelat di halaman Museum Batam Raja Ali Haji.

Baca juga: Batamnews Festival Vol III: Ada Pameran Seni Rupa hingga Pesta Durian Murah

Diantaranya, pagelaran bazar bekerja sama dengan Batamnews organizer, festival kuliner dan permainan tradisional.

“Malam puncaknya akan dilaksanakan pada hari Jumat, tanggal 14 Oktober 2022 sekaligus pengumuman para pemenang lomba dan penyerahan hadiah,” ujar Senny di ruang kerjanya, Selasa (11/10/2022).

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Batam, Ardiwinata menjelaskan, tujuan digelarnya kegiatan tersebut adalah untuk lebih mendekatkan museum Batam kepada masyarakat dengan harapan akan dapat meningkatkan lagi jumlah kunjungan Museum Batam Raja Ali Haji, baik untuk pengunjung lokal, nasional maupun internasional.

Baca juga: Bareng ACT dan Baznas, Museum Batam Salurkan Bantuan untuk Anak Yatim

Ditambahkannya, selama beberapa waktu, pihaknya juga akan menampilkan benda-benda koleksi milik Sanggar Pantai Basri yang asli. Koleksinya ada yang berusia lebih dari 100 tahun dan hingga saat ini masih mereka gunakan saat mereka tampil di berbagai acara.

Ardi mengajak seluruh masyarakat Kota Batam dan sekitarnya untuk hadir ke Museum Batam Raja Ali Haji agar ikut meramaikan dan mensukseskan rangkaian acara yang digelar.

“Sebagai puncak dari seluruh rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati hari jadi Museum Batam kali ini, kami akan melaunching koleksi terbaru museum Batam di malam puncak nanti,” pungkasnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews