Dirjen Bea Cukai dan Singapore Police Guard Janjian di Tengah Laut Bicarakan Hal Ini

Dirjen Bea Cukai dan Singapore Police Guard Janjian di Tengah Laut Bicarakan Hal Ini

Dirjen Bea Cukai bersama Singapore Police Guard (SPCG) dalam Rendezvous at Sea membahasa kerjasama patroli. (Foto: ist)

Batam, Batamnews - Dirjen Bea Cukai bersama Singapore Police Guard (SPCG) mengadakan pertemuan di tengah laut alias Rendesvouz at Sea membahas kerjasama patroli perbatasan, Rabu (28/9/2022)

Kerjasama yang diobrolkan terkait upaya mencegah atau membatasi kegiatan ilegal seperti penyelundupan, Transnational Organized Crimes (TOC) dengan masalah kepabeanan dan perdagangan barang ilegal lainnya di perbatasan Indonesia dan Singapura.

Kepala Bidang Penindakan dan Penyidikan Bea Cukai Batam, Sisprian Subiaksono mengatakan Rendezvous at Sea tahun ini menjadi rangkai kerjasama antara DJBC dan SPCG.

Baca juga: Bongkar Sindikat Narkoba, Belasan ABK Kapal Kayu Diringkus Bea Cukai-Bareskrim Polri di Meranti

"Mulai dari penandatanganan MoU di tahun 2020, Rendezvous at Sea pertama di tahun 2021, penandatangan SOP kerja sama patroli perbatasan terkoordinasi di tahun 2022, hingga sekarang mencapai Rendezvous at Sea yang kedua di bulan September 2022,” ujar Sisprian.

Mereka juga membahas mekanisme pelaksanaan patroli terkoordinasi. Salah satunya meliputi area operasi dari kegiatan patroli perbatasan terkoordinasi. Mencakup perairan teritorial Singapura dan perairan teritorial Indonesia.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Bidang Penindakan dan Sarana Operasi Kantor Wilayah Khusus Kepri, I Wayan Sapta Darma menyampaikan bahwa patroli perbatasan terkoordinasi sangat penting.

Baca juga: Bea Cukai Kepri Cegat Tanker MT Zakira Bermuatan 600 KL Solar HSD Tanpa Dokumen Impor

“Di tahun ini, kita membahas pelaksanaan patroli terkoordinasi yang selama ini sudah terlaksana dengan baik antara SPCG dan DJBC. Kita membahas dari sasaran atau tujuan utama kegiatan patroli tersebut, ruang lingkup operasi, konsep operasi, dan juga sistem komunikasi, yang dilakukan secara periodik antar pusat komando dan kontrol, maupun antar kapal," katanya.
 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews