Nelayan Anambas Hilang Tenggelam Usai Jatuh saat Perbaiki Mesin Bagan

Nelayan Anambas Hilang Tenggelam Usai Jatuh saat Perbaiki Mesin Bagan

Tim SAR dikerahkan cari seorang nelayan Anambas hilang terjatuh dari bagan. (Foto: ist)

Anambas, Batamnews - Seorang nelayan asal Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA) dikabarkan hilang usai terjatuh dari atas Bagan miliknya disekitar wilayah perairan Tanjung Pedas, Anambas, Kepulauan Riau (Kepri).

Korban diketahui bernama Rio Saputra (37), merupakan warga Teluk Buluh, Desa Tarempa Timur, Kecamatan Siantan.

Atas kejadian tersebut, tim SAR gabungan langsung melaksanakan operasi pencarian di lokasi jatuhnya korban di sekitaran perairan Tanjung Pedas, Kabupaten Kepulauan Anambas pada Posisi 3°15’18.90″ N – 106°10’11.10″ E.

Kepala Kantor SAR Natuna, Mexianus Bekabel menjelaskan bahwa pihaknya mendapat laporan dari salah seorang rekan korban melalui Pos Unit Siaga SAR Anambas pada Sabtu (17/9/2022) lalu, tepat pukul 19.35 WIB.

Baca juga: Kata-kata Menyebalkan dari Nelayan Asing Pesta Curi Ikan di Laut Natuna, Sampai Minta Rokok ke Nelayan Lokal

Kronologis kejadian bermula saat korban sedang memperbaiki mesin Bagan. Namun dengan kondisi cuaca saat itu sedang ekstrim dan gelombang tinggi sehingga mengakibatkan korban terjatuh ke laut.

“Dikarenakan gelombang dan arus kuat sehingga membuat korban menjadi hanyut. Tim SAR gabungan telah melakukan upaya pencarian mandiri oleh kapal-kapal nelayan di sekitar lokasi kejadian. Namun hingga kini belum berhasil menemukan korban," ujarnya. Senin (19/9/2022).

Upaya pencarian terhadap korban, Kantor SAR Natuna melalui Unit Pos Siaga SAR Anambas telah mengerahkan 1 Tim Rescue untuk bergerak ke lokasi yang berjarak 5 Nm dari lokasi kejadian dengan menggunakan 1 Unit Rigid Inflatable Boat (RIB).

(Yan)