Prakiraan Cuaca Kepri Hari Ini: Cuaca Berawan, Berpotensi Hujan

Prakiraan Cuaca Kepri Hari Ini: Cuaca Berawan, Berpotensi Hujan

Ilustrasi.

Batam, Batamnews - Prakiraan cuaca di wilayah Provinsi Kepulauan Riau diprediksi berawan dan potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang pada Sabtu (17/9/2022).

Forecaster On Duty Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Hang Nadim, Batam, Aprilia S menyebutkan, potensi terjadinya hujan di Kepulauan Riau dikarenakan adanya pola belokan angin di sekitar wilayah Natuna dan kelembapan udara lapisan atas yang cukup basah.

"Hal tersebut meningkatkan potensi pertumbuhan awan-awan hujan," ujar Aprilia. 

Sedangkan menurutnya jika terjadi hujan maka dapat disertai oleh kilat atau petir serta angin kencang. Peristiwa tersebut dapat terjadi dari pagi hingga sore hari dan dini hari. 

Baca: BMKG Berikan Ilmu Modern Bagi Puluhan Nelayan Natuna Hadapi Cuaca di Laut

Tak hanya itu, lanjut Aprilia, cuaca tersebut juga berdampak pada gelombang laut di wilayah Natuna Utara. 

"Waspada gelombang laut yang dapat mencapai ketinggian 2,0 meter di wilayah laut Natuna Utara," kata dia. 

Sementara itu, BMKG juga mengeluarkan prakiraan cuaca untuk esok hari Minggu (18/9). Cuaca esok hari diprakirakan berpotensi terjadi hujan.

Forecaster on Duty, Fitri Annisa mengungkapkan bahwa adanya Shearline atau pola belokan angin yang terjadi di sekitar kepulauan Riau. Serta kelembapan udara lapisan atas yang relatif tinggi. 

"Untuk peristiwa itu menyebabkan potensi pertumbuhan awan-awan hujan cukup signifikan," ungkap Fitri. 

Baca: Cuaca Ekstrem, BMKG Ingatkan Waspadai Gelombang Tinggi di Perairan Kepri

Secara umum, menurut Fitri bahwa kondisi cuaca esok hari di wilayah kepulauan Riau diprakirakan berawan dan berpeluang hujan dengan intensitas ringan hingga sedang yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang pada pagi, siang dan dini hari. 

"Untuk gelombang laut yang tinggi masih terjadi di wilayah Natuna Utara yang mencapai 1,5 meter, serta hujan lebat disertai petir dan angin kencang akan terjadi di wilayah Natuna dan Tambelan," pungkasnya. 
 

(rez)
Komentar Via Facebook :