Nelayan Natuna Terganggu Kehadiran Kapal Asing, Bakamla Sebar Nomor Aduan

Nelayan Natuna Terganggu Kehadiran Kapal Asing, Bakamla Sebar Nomor Aduan

Personel Stasiun Bakamla Natuna menyosialisasikan nomor aduan ke nelayan Natuna. (Foto: ist)

Batam, Batamnews - Kemunculan kapal asing di wilayah perairan Natuna Utara, Kepulauan Riau menjadi keluhan nelayan setempat.

Hal ini direspons oleh Badan Keamanan Laut (Bakamla) RI. Instansi itu membagikan nomor aduan yang bisa diakses oleh nelayan Natuna jika ada gangguan ataupun hal yang mencurigakan.

"Bakamla berupaya meningkatkan kesadaran masyarakat pesisir, khususnya nelayan tentang pentingnya keamanan dan keselamatan di laut sesuai UU No. 32 Tahun 2014 tentang Kelautan," ujar Kepala Stasiun Bakamla Natuna, Mayor Bakamla, Mukhlis, Sabtu (17/9/2022).

Baca: Bakamla RI dan USCG Bahas Pengembangan Pusat Pelatihan Maritim di Batam

Selain untuk keamanan dan keselamatan, lanjut Mukhlis, pihaknya juga mengatakan bahwa jika ditemukannya kejadian yang mencurigakan agar segera menghubungi kontak pelayanan yang tersedia. Terlebih jika ditemukannya peristiwa kecelakaan di laut. 

"Kontak person melalui pesan Whatsapp di nomor 0895-6003-00846," kata dia. 

Baca: Miris! Nelayan Asing Pesta Pora Keruk Ikan di Laut Natuna, Nelayan Lokal Terusir Coast Guard China

Harapannya dalam kegiatan tersebut dapat memberikan dampak yang signifikan dalam membangun kesadaran nelayan dalam memberikan informasi.

"Kita sangat membutuhkan informasi tentang keamanan dan keselamatan di laut, harapannya nelayan dapat menghubungi nomor yang tertera untuk memberikan informasi kepada Bakamla," pungkasnya. 

Sebelumnya, kehadiran kapal-kapal nelayan asing hingga Kapal Coast Guard milik RRC membikin jengah nelayan Natuna.

Dari penuturan para nelayan lokal Natuna, kini mereka sering menjumpai kapal-kapal patroli negara lain saat mereka sedang melaut. 

Baca: Kata-kata Menyebalkan dari Nelayan Asing Pesta Curi Ikan di Laut Natuna, Sampai Minta Rokok ke Nelayan Lokal

Dedi, nelayan yang memposting video Coast Guard China yang memotong jalur haluan kapal mereka saat melaut di Laut Natuna Utara dijumpai batamnews, Jumat ( 16/09/22).

Ia mengisahkan jika kejadian itu terjadi Kamis 8 September 2022 lalu. 

"Ketika kami berada di titik koordinat 06'15.394 N 109'37.320 E tiba tiba sebuah kapal Coast Guard mendekati pompong kami dan memotong jalur haluan kami seakan ingin mengusir kami dari area tersebut. Namun tidak kami hiraukan karena saya yakin saya masih jauh berada di wilayah Laut Indonesia. " Ujar Dedi.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews