160 Personil Polisi hingga Penjinak Bom Disiagakan saat Tour de Bintan 2022

160 Personil Polisi hingga Penjinak Bom Disiagakan saat Tour de Bintan 2022

Kapolres Bintan, AKBP Tidar Wulung Dahono (Foto: Ary/Batamnews)

Bintan, Batamnews - Kepolisian Resor (Polres) Bintan, akan mengerahkan 2/3 kekuatan personil kepolisian dari berbagai satuan untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada peserta Tour de Bintan (TdB) dari 44 negara yang bakal bepartisipasi, pada 14-16 Oktober 2022 mendatang.

Kapolres Bintan, AKBP Tidar Wulung Dahono mengatakan, TdB 2022 merupakan salah satu event olahraga terbesar yang dilaksanakan di wilayah Kabupaten Bintan. Pasalnya, peserta tidak hanya berasal dari dalam negeri, tapi juga berasal dari berbagai negara.

"Berarti kita semua harus memaksimalkan persiapan agar kegiatan tersebut dapat berjalan dengan lancar. Khususnya juga keamanan akan dijamin selama pelaksanaan," ujar Tidar saat rapat koordinasi (rakor) bersama dengan instasi terkait di Aula Belakang Polres Bintan, Jumat (16/9/2022).

Rapat terus dilaksanakan dengan semua pihak yang bertujuan untuk meninjau kesiapan dan menyamakan persepsi. Termasuk antara kepolisian dengan pihak lainnya.

Baca juga: PAD Wisata Bintan Bisa Cuan, 946 Peserta Mancanegara Daftar Tour de Bintan 2022

Untuk pengamanan pihaknya akan mengerahkan 160 personil. Mulai dari mengamankan lokasi acara, jalur yang dilintasi sampai di Kawasan Pariwisata Lagoi.

"Diharapkan untuk para personil pengamanan dapat memahami tugas masing-masing dalam pengamanan tersebut. Sehingga rangkaian acara dapat berjalan dengan baik," jelasnya.

Sementara itu, Kabag Ops Polres Bintan, AKP Monang P Silalahi meminta kepada instansi terkait di Pemkab Bintan untuk menggesa proses perizinan. Karena perizinan event ini bukan dikeluarkan oleh Polres Bintan melainkan Banintelkam Mabes Polri.

"Kegiatan ini skala nasional dan melibatkan orang asing. Maka izinnya dari Mabes Polri," sebutnya.

Baca juga: Tour de Bintan 2022: Peserta Wajib Bebas Covid-19, Minimal Dua Kali Vaksinasi

Untuk pengamanan di Kawasan Pariwisata Lagoi menjadi sebuah atensi. Maka dilibatkan Tim Penjinak Bahan Peledak (Jilandak) dari Brimob Polda Kepri. Nantinya juga akan dilaksanakan sterilisasi objek-objek wisata di sana.

Kemudian untuk di rute dan lainnya akan melibatkan mitra kepolisian. Mulai dari Dishub Bintan, Satpol PP dan Sekuriti PT BRC yang ikut pengamanan di lokasi.

"Untuk di rute kita akan kerahkan anggota Satuan Lalulintas (Satlantas) Polres Bintan," katanya.

Dikarenakan nantinya rute yang dilewati peserta dekat dengan sekolahan, bedasarkan pengalaman, pasti banyak anak sekolah yang bakal turun ke jalanan. Selain menonton mereka juga memberikan semangat kepada peserta. Namun jangan sampai mengenyampingkan keselamatan.

“Jangan sampai menghambat jalurnya aktivitas. Maka diminta Disdik Bintan untuk mengimbau ke sekolah-sekolah dan invetarisir semua sekolah mana yang jadi tempat laluan agar diawasi sehingga tidak terjadi insiden," ucapnya.

(ary)