Laut Natuna Dikeruk Nelayan Asing Pakai Trawl, Nelayan Natuna Pakai Kapal Kecil Malah Nyasar ke Laut Malaysia hingga Ditangkap

Laut Natuna Dikeruk Nelayan Asing Pakai Trawl, Nelayan Natuna Pakai Kapal Kecil Malah Nyasar ke Laut Malaysia hingga Ditangkap

Dua nelayan asal Natuna yang ditangkap aparat Malaysia karena menerobos batas teritorial saat mencari ikan. (Foto: ist)

Natuna, Batamnews - Dua nelayan asal Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau ditangkap aparat maritim Malaysia pada Rabu (7/9/2022) pekan lalu. Kedua nelayan itu adalah Kasnadi dan Johan.

Dari keterangan Agensi Penguatkuasaan Maritim Malaysia (APMM) melalui laman Facebook, kedua nelayan tersebut ditangkap saat menangkap ikan di perairan barat laut Tanjung Jerijeh Malaysia

Terkait hal tersebut, Ketua Aliansi Nelayan Natuna ( ANNA), Henri mengatakan jika kedua nelayan beserta kapal berukuran 4 GT saat ini telah diamankan oleh pihak APMM Malaysia di Pelabuhan Jetty terminal Tanjung Manis, Malaysia. 

Baca: BBM Naik, Nelayan Natuna: Operasional Meningkat, Tangkapan Sedikit

Henri menyebut hingga saat ini pemerintah Indonesia belum melakukan langkah apapun. Sampai berita ini ditulis, kedua nelayan yang diketahui berumur 26 tahun dan 51 tahun  tersebut masih ditahan di Tanjung Manis, Malaysia. 

Ia menyinggung bahwa banyaknya Kapal Ikan Asing (KIA) yang mencuri ikan di Laut Natuna Utara dengan menggunakan alat tangkap trawl.

Baca: Viral Kapal China Takuti Nelayan Natuna, Spesifikasinya Sekelas Destroyer?

Akibatnya, nelayan Natuna terpaksa mencari ikan hingga ke laut Malaysia. 

"Selain mencuri ikan di laut kita, alat tangkap trawl bisa merusak ekosistem laut dan mengancam populasi ikan di laut kita," ungkap Henri, Rabu (14/9/2022)

(Yan)