Viral Kapal China Takuti Nelayan Natuna, Spesifikasinya Sekelas Destroyer?

Viral Kapal China Takuti Nelayan Natuna, Spesifikasinya Sekelas Destroyer?

Video nelayan disebut berhadapan dengan kapal China di Laut Natuna Utara, kapal tersebut memiliki nomor lambung 172. (Screenshot video viral)

Jakarta, Batamnews - Baru-baru ini viral video nelayan yang disebut berhadapan dengan kapal China di ZEE (Zona Ekonomi Eksklusif) Laut Natuna Utara, Kepulauan Riau (Kepri). Kehadiran kapal China berdimensi sangat besar itu membuat nelayan takut melaut.

Sebenarnya masuk dalam tipe apakah kapal China yang ditakuti oleh para nelayan tersebut? Kapal penjaga pantai (cost guard) atau malah kapal perang tentara China?

Baca juga: Dasco: Prabowo Jawab Ancaman Kapal Perang China di Natuna

Dalam video tersebut nelayan menyebutkan jika kapal yang mereka lihat adalah kapal perang China dengan nomor lambung 172. Namun ada juga nelayan lain yang mengatakan jika itu adalah kapal penjaga pantai China.

"Aaa ini dia, kapal perang China, nomor lambung 172," ujar nelayan yang merekam video tersebut.

"China cost guard," ujar nelayan lainnya.

"Bukan cost guard ini, kapal perang," sanggah nelayan yang merekam video tersebut.

Jika mengacu pada pernyataan nelayan yang menyebut bahwa kapal China itu memiliki nomor lambung 172, maka kapal itu kemungkinan besar adalah kapal perang tentara China dengan tipe destroyer atau perusak.

Ya, seperti dikutip dari berbagai literatur, kapal perang China dengan nomor lambung 172 memiliki nama Kunming dengan tipe 052D. Kapal ini mulai dinas di Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat China sejak 2014 silam. Kapal ini dibuat oleh galangan kapal dalam negeri, Jiangnan, di Shanghai.

Karena ditugaskan sebagai kapal penghancur, Kunming 172 tentunya dilengkapi sistem persenjataan yang canggih. Untuk pertahanan jarak pendek, kapal ini dilengkapi senjata H/PJ-12 yang terletak di depan anjungan. Lalu untuk sistem pertahanan udara, dilengkapi rudal 24 Hongqi-10 yang terletak di atas hanggar.

Baca juga: Kapal Perang China Wara-wiri di Laut Natuna Bikin Takut Nelayan

Tak hanya itu, Kunming 172 juga dilengkapi rudal dengan sistem peluncuran vertikal universal (VLS) berbasis tabung, dengan total 64 sel, 32 di depan dan 32 belakang. Adapun jenis rudal yang dibawa antara lain HHQ-9 yang merupakan rudal permukaan ke udara, rudal anti kapal penjelajah YJ-18, dan rudal anti kapal selam CY-5.

Secara dimensi dan bobot, Kunming 172 memiliki panjang keseluruhan 157 meter, lebar keseluruhan 17 meter dan punya bobot penuh sekitar 7.500 ton. Kapal ini juga mampu membawa helikopter anti kapal selam.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews