Malaysia dan Riau Bakal Terhubung dengan Jembatan Sepanjang 120 Km

Malaysia dan Riau Bakal Terhubung dengan Jembatan Sepanjang 120 Km

Malaysia dan Indonesia dikabarkan akan terhubung dengan jembatan. (Foto: tangkapan layar Google Maps)

Malaka, Batamnews - Mencuat kabar Malaysia akan membangun jalan penghubung antara Malaysia dan Indonesia. Belum diketahui jenis penghubung yang dimaksud, namun diduga berupa jembatan atau terowongan.

Jalan tersebut akan menghubungkan kawasan Teluk Gong di Masjid Tanah di Malaka dan Dumai, Sumatera. Rencananya, penghubung sepanjang 120 km itu akan dibangun oleh swasta.

Diberitakan Bernama, Ketua Komite Malaka Investment, Industry, Entrepreneur Development Datuk Seri Ab Rauf Yusof menyebut dalam proposal pembangunan akan memakan waktu selama 20 tahun. Ketika nantinya terbangun, akan ada dampak signifikan terhadap perekonomian dua negara.

Baca juga: PMI Ilegal di Batam Terciduk Gegara Tak Sengaja Ngobrol dengan Polisi

"Proposalnya sudah disetor oleh sektor swasta dan masing-masing negara secara prinsip sudah menyetujui terkait studi yang dilakukan. Dari sisi pemerintahan, kami juga telah mengajak perwakilan untuk mengunjungi daerah terbaru yang diusulkan itu," ujar Ab Rauf.

Ab Rauf menjelaskan, proyek itu akan dibangun dengan mengusung konsep 'One Belt One Road' dan akan menjadi ikon terbaru bagi Malaysia dan juga Indonesia.

Nantinya, di proyek itu akan didirikan ragam infrastruktur, persebaran lalu lintas, dan juga kompleks imigrasi (Immigration, Customs, Quarantine, and Security) masih menjadi bagian dari rencana pembangunan tersebut.

Baca juga: Netizen Singapura dan Malaysia Serbu Akun Facebook National Geographic UK, Kenapa?

Tak cuma itu, Ab Rauf juga mengatakan kawasan industri baru akan dikembangkan secara bertahap di kawasan Masjid Tanah, tepatnya di atas lahan seluas 2.023 hektar.

Pembangunan industri baru itu akan dilakukan oleh Perusahaan Melaka yang juga dikenal sebagai Perbadanan Kemajuan Negeri Melaka (PKNM). Ke depan diharapkan akan ada kota atau wilayah baru yang muncul di kawasan Masjid Tanah dengan pembangunan tersebut.

(ruz)
Komentar Via Facebook :