Nelayan Karimun Terima Bantuan Alat Tangkap, Tahun Depan Diasuransikan

Nelayan Karimun Terima Bantuan Alat Tangkap, Tahun Depan Diasuransikan

Bupati Karimun Aunur Rafiq menyerahkan bantuan untuk kelompok nelayan di Sungai Pasir Meral. (Foto: Edo/batamnews)

Karimun, Batamnews - Sejumlah kelompok nelayan di Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau menerima bantuan dari Dinas Perikanan setempat.

Bantuan berupa alat tangkap tersebut diserahkan secara simbolis oleh Bupati Aunur Rafiq kepada kelompok nelayan di Sungai Pasir Meral, Jumat (2/9/2022) kemarin.

"Baru 36 kelompok nelayan yang diserahkan hari ini dari program pengadaan alat tangkap nelayan di Dinas Perikanan Karimun melalui APBD tahun 2022," kata Rafiq.

Baca: Pas Kecil Kapal di Bawah 7 GT Kini Dilengkapi QR Code, Nelayan Karimun: Tak Perlu Bawa Dokumen Kertas saat Melaut

Dengan bantuan-bantuan yang diberikan pada masyarakat nelayan tersebut, diharapkan dapat membantu nelayan untuk meningkatkan penghasilan.

Sehingga, Pemda setiap tahunnya menganggarkan untuk bantuan peningkatan alat tangkap, juga dibantu anggota Dewan melalui reses.

"Tentunya ini sangat berarti dan bermanfaat, jika memang betul-betul digunakan dengan baik," ucap Rafiq.

Jumlah nelayan yang tercatat di Dinas Perikanan Kabupaten Karimun sebanyak 5 ribu lebih, dan juga ditambah dengan nelayan musiman yang cukup banyak.

Baca: Kapal Pukat Trawl dari Jawa Berkeliaran di Perairan Bintan, Nelayan Lokal Mengeluh

Pemkab Karimun akan berkomitmen untuk memberikan jaminan perlindungan pada masyarakat nelayan melalui BPJS Ketenagakerjaan bagi 3 ribu nelayan.

"Tahun 2023 akan datang, sekitar 3 ribu nelayan akan kita BPJS kan melalui BPJS Ketenagakerjaan, untuk perlindungan," ujar Rafiq.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews