Bupati Rafiq Salurkan Bantuan Kapal dan Jaring Nelayan di Tebing

Bupati Rafiq Salurkan Bantuan Kapal dan Jaring Nelayan di Tebing

Kapal bantuan Pemkab Karimun melalui program DAK. (Foto: Edo/Batamnews)

Karimun, Batamnews - Pemkab Karimun kembali menyalurkan bantuan kapal dan jaring ikan kepada kelompok nelayan. Bantuan ini bertujuan agar daya tangkap nelayan lokal meningkat.

Kelompok nelayan beberapa Kecamatan sudah dapat menikmati hasil dari bantuan yang dianggarkan dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Pemkab Karimun melakui Dinas Perikanan dan Kelautan.

"Ini merupakan program pemerintah daerah yang diajukan oleh kelompok-kelompok nelayan dari beberapa tahun lalu, dan baru dapat direalisasikan pada tahun 2021 ini," kata Bupati Karimun, Aunur Rafiq, Selasa (23/11/2021).

Rafiq dan rombongan menyerahkan bantuan tersebut untuk kelompok nelayan di Kecamatan Tebing.

Pihaknya baru dapat merealisasikan program tahun ini mengingkat kemampuan anggaran dan persetujuan dari pusat.

"Tujuannya adalah, bagaimana alat tangkap ini bisa memberikan manfaat peningkatan daya tangkap nelayan, tentunya berimbas pada penghasilan dan kesejahteraan," ucap Rafiq.

Selain itu, Rafiq juga menyerahkan kartu BPJS Ketenagakerjaan pada para nelayan yang merupakan program dari BPJS Ketenagakerjaan.

Dengan adanya jaminan kesehatan bagi nelayan, maka jika terjadi laka laut atau suatu hal saat melaut, biaya perobatan akan ditanggung dengan dengan jaminan kesehatan tersebut.

"Para nelayan bekerja di laut resiko yang cukup tinggi, maka diberikan BPJS Ketenagakerjaan untuk menjamin keselamatan apabila terjadi sesuatu, dengan tanggungan yang dibiayai," ucap Rafiq.

(aha)