Kloter Keempat Jemaah Haji Debarkasi Batam Nihil Positif Covid-19

Kloter Keempat Jemaah Haji Debarkasi Batam Nihil Positif Covid-19

Ilustrasi.

Batam, Batamnews - Kloter keempat jemaah haji Debarkasi Batam, Kepulauan Riau (Kepri) telah tiba di Asrama Haji, Batam pada Jumat (29/7/2022). Seluruh jemaah haji yang tiba dari Mekkah hari itu telah melewati proses scanning, untuk melacak yang terpapar Covid-19. 

Dari hasil tes Polymare Chain Reaction (PCR), diketahui bahwa tidak ada jemaah haji yang terlalar Covid-19. Hasil yang sama juga diperoleh dari jemaah haji kloter ketiga. 

“Untuk kloter 4, tidak ada yang positif Covid-19,” ujar Kepala Bidang Kesehatan PPIH Debarkasi Hang Nadim Batam, dr. Achmad Farchanny, Jumat (29/7/2022).

Sedangkan hasil tes PCR jemaah haji kloter pertama diketahui bahwa satu orang terpapar Covid-19 yang merupakan jamaah haji asal Bintan, Kepri. 

Pada kloter kedua, diketahui satu orang terpapar Covid-19, yang merupakan jemaah haji asal Kabupaten Koyong Utara, Provinsi Kalimantan Barat. 

"Keduanya disolasi di Gedung Asrama Haji Batam Center," katanya. 

Saat kepulangan jemaah haji, Dinas Kesehatan Kota Batam menyiapkan tim swaber untuk melakukan swab antigen kepada para jemaah haji yang tiba di Batam. Tim swaber merupakan petugas dari puskemas yang telah ditunjuk.

Kepala Dinkes Kota Batam, Didi Kusmarjadi mengatakan setiap jemaah haji dari Mekkah yang tiba di Batam akan diambil swab antigennya, jika hasilnya positif maka akan dikarantina di Asrama Haji. 

Bagi jemaah haji yang positif antigen tersebut akan dilakukan pemantauan, jika hasil tes PCR negatif maka dapat keluar, atau ketika sudah 10 hari menjalani isolasi maka otomatis diperbolehkan keluar. 

“Khusus yang positif antigennya, ada ruangan khusus, namun tetap di kawasan Asrama Haji,” katanya. 
 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews