Pemkab Bintan Ungkap Kondisi 34 Jemaah Calon Haji yang Akan Berangkat

Pemkab Bintan Ungkap Kondisi 34 Jemaah Calon Haji yang Akan Berangkat

Pelepasan rombongan jemaah calon haji Bintan. (Foto: Ary/Batamnews)

Bintan, Batamnews - Pemkab Bintan dan Kementerian Agama (Kemenag) Bintan menggelar doa bersama untuk melepas keberangkatan rombongan calon jemaah haji (CJH) Bintan di Masjid Besar Baitul Makmur Tanjunguban, Kecamatan Bintan Utara, Selasa (14/6/2022).

Setelah melaksanakan kegiatan di masjid, rombongan CJH itu menuju Pelabuhan Bulang Linggi. Lalu berangkat dengan ferry ke Embarkasi Kota Batam.

Baca juga: Lantai Masjid Nabawi Panas, Jemaah Haji Diminta Selalu Pakai Sandal

Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Wan Rudy Iskandar, mengatakan  CJH yang berangkat ke Embarkasi Kota Batam sebanyak 34 orang. Mereka terdiri dari 18 orang laki-laki dan 16 orang perempuan.

"Seluruh rombongan yang berangkat akan menginap di Asrama Haji Kota Batam dan esoknya akan langsung menuju Bandar Udara Internasional Hang Nadim untuk bertolak ke Madinah," ujar Wan Rudy.

34 CJH yang berangkat menjalani ibadah ke tanah suci berasal dari 6 kecamatan. Adapun mereka dari Kecamatan Bintan Timur 16 orang, Kecamatan Bintan Utara 12 orang, Kecamatan Mantang 3 orang, Kecamatan Teluk Sebong 2 orang, Kecamatan Tambelan  2 orang dan Kecamatan Toapaya 1 orang.

Mereka didampingi oleh 2 petugas yaitu 1 orang yang merupakan Tim Pemandu Haji Daerah (TPHD) dan 1 orang lagi dari Tim Kesehatan Haji Daerah (TKHD).

"Jadi total yang berangkat ke tanah suci Mekkah sebanyak 36 orang. 34 orang diantaranya CJH dan 2 orang dari TPHD dan TKHD," katanya.

Baca juga: Jenis Benda yang Dilarang Dibawa Jemaah Haji, Ini Aturan dan Ketentuannya

Mantan Kadisparbud Bintan ini mengucapkan rasa syukur bahwa saat ini seluruh CJH masih berada dalam kondisi sehat dan bugar. Bahkan mereka semua terbebas dari virus covid-19 dengan hasil tes negatif.

"Alhamdulillah semua dalam kondisi sehat. Semua juga sudah di PCR semalam, itu sebagai syarat dari Kerajaan Saudi dan kita patuhi," katanya.

Rombongan Haji Kabupaten Bintan dijadwalkan akan kembali ke tanah air pada 25 Juli mendatang melalui King Abdul Aziz International Airport dan tiba di Bandara Hang Nadim pada 26 Juli sekira Pukul 12.15 WIB. Kemudian akan kembali lagi ke Kabupaten Bintan.

(ary)