2 Tahun Terhalang Corona, 589 Warga Kepri Berangkat Haji Tahun Ini

2 Tahun Terhalang Corona, 589 Warga Kepri Berangkat Haji Tahun Ini

Gubernur Ansar menghadiri pelepasan jemaah haji BKMT Tanjungpinang.

Tanjungpinang, Batamnews - Gubernur Kepulauan Riau (Kepri), Ansar Ahmad didampingi Ketua Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT) Kepri, Dewi Kumalasari Ansar mengahadiri acara halal bi halal yang disejalankan dengan pelepasan jamaah calon haji BKMT Kota Tanjungpinang di Masjid Raya Nur Ilahi, Dompak, Kamis (26/5/2022).

Pembagian keberangkatan calon haji ini didasarkan atas Keputusan Menteri Agama (Kemenag) Nomor 405 tahun 2022. Dan tahun ini Indonesia mendapatkan kuota Haji sejumlah 100.051 jamaah.

"Pemerintah Indonesia serta Pemprov Kepri akan mengikuti peraturan pemerintah Arab Saudi, termasuk terkait protokol kesehatan. Kami yakin semua itu diterapkan demi memberikan kenyamanan, termasuk bagi jemaah haji Indonesia," kata Ansar

Ansar menambahkan, sedangkan jatah calon haji untuk Provinsi Kepri tahun ini sebanyak 589 jamaah. Dengan rincian, Batam sejumlah 292 jamaah, Tanjungpinang sebanyak 98 jamaah, serta Karimun 76 jamaah.

Baca juga: Meranti Terdampak Pengurangaan Kuota Haji, Hanya 71 CJH yang Berangkat

Selanjutnya Natuna 49 jamaah, Lingga 19 jamaah, Bintan 34  jamaah, Anambas 18 jamaah, serta ditambah kuota pembimbing dari unsur Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umroh, dan Petugas Haji Daerah sebanyak 3 jamaah.

"Dengan ini kita berharap ke depannya Indonesia bisa terus mendapatkan kuota untuk calon jamaah haji dengan jumlah yang lebih besar lagi terutama untuk Provinsi Kepri agar lebih banyak lagi jemaah yang bisa diberangkatkan," harap Ansar.

Terakhir, Ansar berharap dengan adanya halal bi halal ini dapat mempererat silaturahmi dan dengan meredanya Covid-19 dapat memberikan rasa aman serta nyaman bagi calon jemaah dalam melaksanakan ibadah di tanah suci nantinya.

"Kami ucapkan selamat jalan kepada calon jemaah haji dari BKMT Kota Tanjungpinang, semoga menjadi haji yang Mabrur dan kembali selamat sampai ke tanah air," imbuh Gubernur.

Sementara itu, Dewi Ansar berharap pada kegiatan halal bi halal ini, akan memberikan keberkahan. Kemudian seluruh anggota majelis taklim BKMT Kepri maupun BKMT se-Kota Tanjungpinang harus terus bersatu padu, semua tetap bersinergi dan mampu menciptakan masyarakat Kepri yang harmonis.

Baca juga: Batam Dapat Kuota Haji 303 Jamaah Tahun Ini

"Karena ini lah salah satu modal untuk kita membangun negeri kita. Tanpa adanya keharmonisan, maka pembangunan juga tidak akan bisa berjalan lancar, karena itu dalam kesempatan ini saya berharap semua anggota BKMT Kepri selalu bersinergi dan mampu menciptakan islamiah yang mendalam sehingga dapat dijadikan sebagai pedoman membangun Kepri," ujar Dewi Ansar.

Ia melanjutkan, tahun ini jamaah haji anggota BKMT Kepri yang berangkat untuk menunaikan ibadah haji berjumlah 19 jamaah.

"Mudah-mudahan dalam perjalanannya ibu-ibu kami dalam menunaikan ibadah haji berjalan dengan lancar, semua di mudahkan dan di berikan kesehatan lahir dan batin serta kembali ke tahan air dalam keadaan sehat walafiat," imbuh Dewi Ansar.

Turut hadir dalam acara tersebut Ketua GOW Tanjungpinang, Juariyah Syahrul, Kakan Kemenag Kota Tanjungpinang atau yang diwakili, Ketua BAZNAS Kepri atau yang diwakili, BAZNAS Tanjungpinang atau yang diwakili, para pengurus masjid Raya Nur Ilahi Dompak, dan para anggota BKMT Kepri maupun BKMT se-Kota Tanjungpinang.

(CR1)
Komentar Via Facebook :