Baim Wong Tuai Kritikan Usai Perusahaannya Daftarkan Merek Citayam Fashion Week

Baim Wong Tuai Kritikan Usai Perusahaannya Daftarkan Merek Citayam Fashion Week

Baim Wong dan Paula Verhoeven. (Foto: kumparan)

Jakarta - Baim Wong dan Paula Verhoeven lewat perusahaannya, PT. Tiger Wong Entertainment, mendaftarkan merek Citayam Fashion Week sebagai salah satu Hak Kekayaan intelektual (HKI). Permohonan pendaftaran merek dengan nomor JID2022052181.

Perusahaan tersebut mengajukan permohonan merek pada 20 Juli 2022 lalu. Adapun hingga saat ini, proses pendaftaran masih berstatus (TM) untuk dipublikasi atau sedang dalam masa pengumuman/publikasi ke publik.

Kabar soal Baim Wong mendaftarkan merek Citayam Fashion Week sebagai HKI langsung menyebar luas di media sosial. Netizen langsung naik pitam dan tak setuju dengan tindakan Baim tersebut.

Mereka menganggap bahwa Baim Wong bukanlah orang yang menemukan atau menciptakan Citayam Fashion Week. Oleh sebab itu, ia tak punya hak untuk mendaftarkannya sebagai merek sendiri.

"Di ciptakan oleh orang miskin yg lugu, Di dukung oleh kalangan biasa yg visioner. Well sayang sekali fenomena Citayam Style ini mungkin akan segera sirna bukan karena hujatan netizen, tapi karena keserakahan orang2 macam Baim wong, Paula Verhoeven, dan anak2 elite Jaksel," tulis salah satu netizen.

"Bukannya Citayam Fashion Week itu pencetusnya komunitas, yah. Punya hak apa Baim Wong daftarin itu ke HAKI/PDKI? Bahkan kurasa Bonge pun yg jadi ikon harusnya juga engga berhak. Serakah bgt jadi manusia," ujar yang lainnya.

Bukan hanya netizen, Ernest Prakasa juga turut buka suara soal Baim Wong yang mendaftarkan Citayam Fashion Week sebagai HKI.

"HAKI itu H-nya adalah Hak. Kok bisa-bisanya merasa berhak atas sesuatu yang bukan ciptaan mereka sendiri. Gak tau malu. HAKI itu dibuat untuk melindungi kreator, agar pekerja kreatif bisa sejahtera dari ide & karya mereka sendiri. Bukannya dulu-duluan maen sikat mumpung belom ada yang daftarin. Tolong lah dipake akal sehat & hati nuraninya," kicaunya.

Tak hanya perusahaan Baim Wong, ada pula perusahaan lain yang mendaftarkan Citayam Fashion Week sebagai merek atau HKI. Permohonan dengan nomor JID2022052496 didaftarkan atas nama Indigo Aditya Nugroho.

Pendaftaran oleh Indigo Aditya Nugroho hanya berselang satu hari setelah perusahaan Baim Wong dan Paula, yaitu pada 21 Juli 2022. Selain itu, status pendaftaran juga sedang dalam masa pengumuman/publikasi ke publik.

Sebelumnya, Baim Wong dan Paula Verhoeven sempat mengatakan bahwa mereka mendukung adanya kegiatan Citayam Fashion Week. Paula bahkan sempat berkunjung ke rumah salah satu icon Citayam Fashion Week yang sedang viral, Bonge, di daerah Cilebut, Bogor, Jawa Barat.

Kala itu, ibu dua orang tersebut bertemu dengan keluarga Bonge dan melihat-lihat isi rumahnya. Tak cuma itu, Paula Verhoeven juga menyampaikan niatnya dan Baim Wong untuk memperbesar acara Citayam Fashion Week bersama dengan Bonge sebagai role model.

Paula juga menjelaskan tujuannya ingin membuat acara Citayam Fashion Week semakin besar dan viral. Ia berharap bisa memberikan bekal untuk anak-anak yang sering nongkrong di area Sudirman.