Timpora Karimun Periksa TKA di Kapal Isap Produksi Timah

Timpora Karimun Periksa TKA di Kapal Isap Produksi Timah

Tim Pengawasan Orang Asing (Timpora) Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau, melakukan pemeriksaan terhadap Tenaga Kerja Asing di Kapal Isap Produksi (KIP) Timah. (Foto: Edo/Batamnews)

Karimun, Batamnews - Tim Pengawasan Orang Asing (Timpora) Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau, melakukan pemeriksaan terhadap Tenaga Kerja Asing di Kapal Isap Produksi (KIP) Timah.

Dalam operasi itu, Timpora mendatangi dua Kapal Isap Produksi (KIP) mitra PT Timah TBK yakni KIP Entrada Prima 3 dan KIP Rejeki Alam Sentosa yang beroperasi di perairan Kecamatan Kundur Barat, Kabupaten Karimun.

Baca juga: Polairud Karimun Ingatkan Pengguna Transportasi Laut Waspada Cuaca Ekstrem

Pengawasan terhadap Warga Negara Asing (WNA) yang bekerja di Karimun, diketahui selalu rutin dilakukan. Baik itu ke perusahan yang ada di daratan dan juga kapal-kapal yang labuh jangkar di perairan Karimun.

"Patroli ini dilakukan dalam rangka pengawasan keberadaan WNA," ujar Kasi Intelijen dan Penindakan Imigrasi Karimun Fajri Dirgantara.

Dari patroli yang dilakukan pada dua KIP Timah tersebut, didapati ada belasan WNA asal Thailand yang bekerja di kedua kapal isap tersebut.

Baca juga: Pembangunan JPO di Karimun Ditarget Rampung Akhir Juli

"Setelah kita cek dan periksa, dapat kita sampaikan bahwa dokumen keimigrasian milik WNA asal Thailand yang berjumlah 16 orang dinyatakan lengkap," kata Fajri.

Sementara itu, Tim melakukan pemeriksaan dokumen lainnya seperti izin beroperasinya kapal dan juga izin kerja WNA tersebut.

"Dari instansi terkait juga ada memeriksa dokumen-dokumen seperti izin kerja dan beroperasinya kapal, hasilnya semua juga lengkap," ujarnya.

Fajri juga mengimbau agar penanggung jawab kapal di Karimun yang memperkerjakan WNA untuk melapor dan memenuhi semua aturan yang berlaku di Indonesia.

Baca juga: Operasi Patuh Seligi 2022 di Karimun Juga Cek Administrasi Pajak Kendaraan Warga

Timpora akan selalu melakukan patroli pengawasan terhadap WNA yang bekerja di wilayah Kabupaten Karimun.

"Ini adalah upaya dan komitmen kita untuk menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)," ucap Fajri.

Untuk diketahui, elemen yang tergabung dalam Timpora meliputi dari Imigrasi Karimun, Lanal TBK, Polres Karimun, Kodim 0317/TBK, BIN, Kejaksaan Negeri Karimun, Kesbangpol Karimun, Dinas Ketenagakerjaan dan Perindustrian dan BNN Karimun.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews