Puluhan Proyektil Peluru Aktif Ditemukan di Galangan Kapal Batam

Puluhan Proyektil Peluru Aktif Ditemukan di Galangan Kapal Batam

Puluhan proyektil peluru aktif ditemukan di galangan PT ASL Batam, pada Senin (30/5/2022) lalu.

Batam, Batamnews - Puluhan proyektil peluru aktif ditemukan di salah satu kapal yang berada galangan PT ASL Batam, pada Senin (30/5/2022) lalu.

Penemuan tersebut pun sempat mengegerkan para pekerja. Satbrimob Polda Kepri pun langsung menurunkan Unit Penjinak Bom (Jibom) ke lokasi temuan.

Komandan Satuan (Dansat) Brimob Polda Kepri, Kombes Pol M Rendra Salipu menyebutkan, proyektil peluru yang ditemukan tersebut berstatus masih aktif, sehingga pihak PT. ASL berkordinasi langsung dengan Satbrimob Polda Kepri.

"Anggota kita dari unit Jibom Detasemen Gegana Satbrimob Polda Kepri langsung melaksanakan sterilisasi di bawah kapal Reem Island yang saat itu tengah melakukan perbaikan di PT. ASL," ujar Rendra, Rabu (8/6/2022).

Baca juga: Warga Karimun Temukan Proyektil Peninggalan Tentara Jepang

Lebih lanjut, Rendra menyebutkan bahwa petugas menemukan puluhan butir amunisi yang masih aktif dan peluru yang tidak aktif.

Menurutnya, Amunisi yang ditemukan berukuran 7,62 x 56 MM sebanyak 43 butir, 7,62 x 57 MM sebanyak 3 butir, 7,62 x 63 MM sebanyak 6 butir, 45 ACP sebanyak 2 butir dan 9 MM sebanyak 3 butir.

Sementara untuk amunisi yang tak aktif ditemukan yaitu Selongsung 7,62 x 56 MM sebanyak 3 butir, proyektil 7,62 MM sebanyak 3 butir, proyektil 25,5 MM sebanyak 1 butir dan proyektil 11,5 MM sebanyak 1 butir.

Saat ini proyektil peluru tersebut telah berhasil diamankan, untuk pihak PT. ASL juga sudah dapat melanjutkan aktivitas pengerjaannya kembali.

(rez)