Hasil Survei Jelang Pilkada di Batam: Amsakar Achmad Paling Populer

Hasil Survei Jelang Pilkada di Batam: Amsakar Achmad Paling Populer

Amsakar Achmad. (Foto: Dok. Batamnews)

Batam, Batamnews - Survei preferensi pemilih Pra-Pilkada Kota Batam dan Provinsi Kepri dilakukan Liberte Institute pada 16-23 Maret 2022 lalu. Lembaga Survey, Liberti Institute merupakan Anggota Asosiasi Riset dan Opini Publik Indonesia (Aropi).

Dalam laporan presentasi tersebut, Direktur Eksekutif Liberte Institute, Indrayadi memaparakn jika pengambilan data dilakukan dengan metode multistage random sampling dengan 800 responden, dengan margin of error sekitar 3,5%.

Tim survei ini melakukan wawancara tatap muka dan questioner kepada sejumlah warga di Batam. Ia mengatakan validasi data dilakukan dengan membandingkan karakteristik demografis dari sampel yang diperoleh dari survei dengan populasi yang diperoleh melalui berbagai riset dan data BPS serta DPT Pemilu 2019.

Sementara itu wawancara yang dilakukan oleh surveyor dikontrol secara sistematis oleh tim dengan cek ulang ke lapangan sekitar 30% dari total responden yang masuk sebagai jaminan akurasi data.

Salah satu survei mengenai pertanyaan siapa sosok yang tepat untuk Wali Kota Batam Periode 2024-2029? 

Nama Amsakar Achmad berada pada urutan atas dengan (21,1 %), disusul HM Rudi (15,6%), Irwansyah (10,6%), Suryani (2,6%), Ria Saptarika (2,5%).

Sedangkan terkait alasan memilih, urutan teratas yakni 27,3% responden ingin pemimpin yang berpengalaman, sedangkan 18% responden ingin yang dekat dengan masyarakat/merakyat, dan 11,5% responden ingin pemimpin yang membuat perubahan dan 11,3% responden ingin pemimpin yang punya hasil kerja nyata.

Berikut sejumlah hasil survei yang dilakukan Liberte Institute:


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews