Jabatan 21 Kepala Desa di Bintan Lowong, Pemkab Tunjuk ASN

Jabatan 21 Kepala Desa di Bintan Lowong, Pemkab Tunjuk ASN

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Bintan Rony Kartika

Bintan, Batamnews - Sebanyak 21 desa dari 36 desa di Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau akan melangsungkan pemilihan kepala desa (Pilkades) tahun ini. 

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Bintan Rony Kartika, mengatakan masa jabatan 20 kades telah berakhir di 31 Mei dan 1 kades lagi berakhir masa jabatannya pada Agustus mendatang. 

"Jadi kita harus segera mengisi kekosongan jabatan kades di 21 desa itu agar roda pemerintahan desa tetap berjalan lancar sampai dengan adanya kades terpilih nantinya," ujar Rony di Bintan Buyu, belum lama ini.

Untuk mengisi kekosongan jabatan itu, Pemkab Bintan akan menunjuk 20 aparatur sipil negara (ASN) sebagai Penjabat Kepala Desa (Pj Kades). Antara lain Desa Pulau Pinang, Kampung Melayu, Batu Lepuk, Kukup dan Pengikik.

Kemudian Desa Berakit, Pengudang, Ekang Anculai, Sebong Pereh, Sri Bintan, Air Glubi, Mapur, Desa Mantang Baru, Mantang Besar, Mantang Lama.

Berikutnya Desa Teluk Bakau, Desa Lancang Kuning, Desa Kuala Sempang, Desa Toapaya, dan Desa Pengujan.

"Sementara Desa Numbing yang masa jabatan kadesnya berakhir pada Agustus 2022 mendatang akan diisi oleh sekdesnya. sebagai Plt Kades. Sementara kadesnya akan mengajukan cuti karena mau daftar sebagai calon kades. Setelah jabatannya berakhir Agustus baru nanti kita tunjuk Pj Kades dari ASN seperti 20 desa lainnya," jelasnya.

Nama-nama ASN telah diusulkan ke Plt Bupati Bintan. Jika nama itu disetujui maka akan segera dilantik menjadi Pj Kades dalam waktu dekat ini. 

Untuk jadwalnya, kata Rony, jika tidak ada kendala pelantikannya dilaksanakan di Aula Kantor Bupati Bintan pada pekan depan.

"Insyaallah jika tidak ada kendala Senin (6 Juni 2022)," sebutnya.

Pilkades serentak dilaksanakan pada 29 September 2022 mendatang. Selain melantik Pj kades, tahapan pelaksanaan Pilkades sudah masuk dalam penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT). 

"Kemudian waktu dekat, panitia pilkades tingkat desa akan membuka pendaftaran calon kades," ucapnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews