LPK Bintan Cakrawala Beri Pelatihan Welder ke Pemuda Tempatan

LPK Bintan Cakrawala Beri Pelatihan Welder ke Pemuda Tempatan

LPK Bintan Cakrawala menggelar pelatihan welder (Foto: Ist)

Bintan, Batamnews - Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) Bintan Cakrawala yang berada di Kawasan Bintan Industrial Estate (BIE) kembali membuka program pelatihannya untuk melahirkan tenaga welder profesional. Kali ini, Senin (30/5/2022) sebanyak 140 orang dilatih.

Pembukaan pelatihan ini dihadiri oleh Koordinator LPK Bintan Cakrawala Rachmananda, GM PT. BIIE Aditya Laksamana, Direktur Kampuh Welding School Cikarang Sunoto Mudiantoro, Kasi Pemerintahan Kecamatan Seri Kuala Lobam Yosse Adrian, Perwakilan dari Pusdiklat BPSDMI Kementerian Perindustrian RI Gumilang Cahaya Permana.

GM PT.BIIE, Aditya Laksamana mengatakan, pada 2021 lalu, LPK Bintan Cakrawala telah melahirkan tenaga welder profesional sebanyak 100 orang yang bersertifikat BNSP. Untuk tahun ini LPK kembali melatih 140 dengan rincian 80 Reskilling 3G, 20 Upskilling 6G, dan 40 Welding Inspector.

Baca juga: Komisi I Berang Sampah Menumpuk di Bintan Utara, Ancam Potong Anggaran DLH 

"Kami selaku pimpinan pengelola Kawasan BIE mengapresiasi semua pihak yang terlibat serta memberikan semangat yang tinggi kepada para peserta agar berlatih dengan maksimal untuk mempersiapkan diri menuju dunia industri khususnya dibidang pengelasan," kata dia, kemarin.

Aditya berharap, pelatihan ini terus diadakan tiap tahunnya sehingga berkesempatan untuk mencetak alumni dari masyarakat disekitar Kawasan BIE. Bahkan Kabupaten Bintan hingga Provinsi Kepri yang unggul, professional, serta mampu terserap dunia kerja.

"Hal ini juga nantinya akan dapat meningkatkan perekonomian dan pendapatan daerah juga," sebutnya.

Baca juga: Gubernur Ansar Beri Tambahan Insentif untuk RT/RW di Bintan

Sementara itu, Direktur Kampuh Welding School Cikarang, Sunoto Mudiantoro mengatakan bahwa dunia pengelasan adalah hal yang luas. Bukan hanya 3G saja, tetapi masih ada 6G, TIG, dan banyak lainnya.

"Kami berharap bahwa peserta juga ikut mengeksplorasi dunia pengelasan," tuturnya.

Kasi Pemerintahan Kecamatan Seri Kuala Lobam, Yosse Adrian mengapresiasi pihak yang terlibat. Ia juga mengharapkan para peserta agar memanfaatkan kesempatan ini semaksimal mungkin.

"Ini kesempatan baik bagi warga Bintan. Ayo berlatihlah semaksimal mungkin karena dipersiapkan untuk di dunia kerja," ucapnya.

(ary)