Bintan Jadi Kabupaten Pertama di RI Laporkan Inventarisasi Aset Desa

Bintan Jadi Kabupaten Pertama di RI Laporkan Inventarisasi Aset Desa

Bintan diganjar penghargaan dari Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Pemerintahan Desa Kemendagri RI atas prestasinya dal melaporkan hasil inventarisasi aset desa (Foto: ist)

Bintan, Batamnews - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bintan melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD), kembali mencatatkan prestasi membanggakan. Bintan menjadi kabupaten pertama di Indonesia yang melaporkan hasil inventarisasi aset desa.

Dengan prestasi ini, Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Pemerintahan Desa Kemendagri RI mengganjar penghargaan kepada Kabupaten Bintan di Jakarta, kemarin.

Plt Bupati Bintan, Roby Kurniawan sangat bangga atas capaian ini. Dirinya bahkan optimis bahwa SDM Desa yang ada di Bintan akan semakin profesional dan cakap dalam birokrasi serta pelayanan.

Baca juga: LPK Bintan Cakrawala Beri Pelatihan Welder ke Pemuda Tempatan

"Alhamdulillah, satu lagi kebanggaan kita dapatkan. Terimakasih Dinas PMD, terimakasih seluruh Aparatur Desa," ujar Roby.

Lebih lanjut, Roby berharap dengan terinventarisirnya aset desa ini bisa menjadi langkah baik ke depan untuk menyusun berbagai rancangan secara lebih matang. Ini tentu memberi manfaat besar bagi pemerintah daerah dan desa, karena bisa lebih matang dalam persiapan berbagai program.

"Aset yang terdata harus dipahami bahwa itu harus dijaga dan dimanfaatkan sebaik mungkin. Tujuan akhirnya tentu untuk kesejahteraan masyarakat dan juga percepatan pembangunan," jelasnya.

Baca juga: Gubernur Ansar Beri Tambahan Insentif untuk RT/RW di Bintan

Kadis PMD Bintan, Rony Kartika mengatakan bahwa instruksi inventarisasi sudah dimulai sejak beberapa waktu lalu. Pemkab Bintan melalui Dinas PMD dengan penuh komitmen mendata semua aset yang ada.

Komitmen panjang tersebut yang akhirnya membuahkan hasil hingga Bintan menjadi kabupaten pertama di Indonesia yang berhasil melaporkan hasil inventarisir aset desanya.

"Dukungan penuh dari Kepala Daerah ditambah komitmen semua pihak, itu menurut saya yang menjadikan Bintan pertama di Indonesia dalam penghargaan ini," katanya.

Selain Kabupaten Bintan, ada sembilan lagi daerah yang juga menerima penghargaan. Yaitu Kabupaten Muara Enim, Kabupaten Banyu Asin, Kabupaten Kota Baru, Kabupaten Tapin, Kabupaten Pariaman, Kabupaten Tabananan, Kabupaten Cianjur, Kabupaten Barru dan Kabupaten Blitar.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews