Perumda Tirta Nusa Desak Pemda Natuna Fungsikan Embung Sedanau

Perumda Tirta Nusa Desak Pemda Natuna Fungsikan Embung Sedanau

Embung Sedanau (Foto: istimewa)

Natuna, Batamnews - Direktur Perusahaan Daerah (Perumda) Air Minum Tirta Nusa, Kabupaten Natuna, Muhammad Zaki, berharap Pemda segera memfungsikan segera embung yang berada di Kelurahan Sedanau, Kecamatan Bunguran Barat.

Ia menilai, pemerintah perlu memfungsikan embung tersebut agar masyarakat segera dapat merasakan manfaatnya.

"Untuk mengantisipasi kerusakan infrastruktur dan sarana embung yang sudah lama tidak terpakai. Yang kedua, karena selain fisik embung, terdapat juga beberapa sarana yang sudah disediakan di sana seperti pintu air, pintu penguras, intake dan mesin pompa serta pipa induk," ujar Zaki, Selasa (31/5/2022).

"Barang-barang ini kalau lama-lama tidak digunakan bisa rusak. Kasian juga jadinya," sambung dia.

Baca juga: Yachter Asal Australia Jelajahi Pulau Midai Natuna

Alasan lain dari mendesaknya pengoperasian embung tersebut adalah untuk memenuhi kebutuhan air bersih masyarakat. Selama ini masyarakat Sedanau hanya menggunakan air bersih yang dibeli seharga Rp 15 ribu per kubik. Harga ini dinilainya sama dengan harga penjualan air untuk kebutuhan sektor industri.

"Kemudian kasihan masyarakat yang harus beli air dengan harga mahal. Mereka beli air satu kubik Rp 15 ribu, harga ini sama rata, tidak ada bedanya harga industri dan masyarakat umum, kan kasihan juga," sebut Zaki.

Beda halnya jika embung itu dapat dikelola oleh PDAM selaku perpanjangan tangan pemerintah dalam urusan air bersih masyarakat, maka diyakini harga air itu akan dapat dibayar dengan harga yang lebih murah oleh masyarakat.

"Kalau embung itu dioperasikan harga bayar air per kubik paling setengah harga dari harga beli yang sekarang. Atau paling tidak Rp8 ribu lah perkubiknya," ujar dia.

Dengan demikian, ia berharap embung itu segera dapat dioperasikan agar tujuan pembangunannya juga segera dapat diwujudkan.

(Yan)