Pulau Penyengat dan Kampung Bugis Jadi Fokus Serbuan Teritorial Lantamal IV

Pulau Penyengat dan Kampung Bugis Jadi Fokus Serbuan Teritorial Lantamal IV

Pembukaan Serter Tahun 2022 yang dilaksanakan Danlantamal IV Tanjungpinang.

Tanjungpinang, Batamnews - Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) IV Tanjungpinang, menggelar kegiatan Serbuan Teritorial (Serter), Selasa (31/5/2022).

Serter ini merupakan bagian dari kegiatan Operasi Militer Selain Perang (OMSP) TNI dalam rangka memberdayakan wilayah pertahanan.

Temanya adalah `Dengan Semangat Serter TNI Kita Tingkatkan Kegiatan Binter TNI Secara Massif Guna Mengatasi Kesulitan Rakyat di Wilayah Kerja Lantamal IV Tanjungpinang`.

Baca juga: Tadabur Alam MDT Al-Fatih di Lingga Pererat Ukhuwah Murid dan Guru

Komandan Lantamal IV, Laksamana Pertama TNI Kemas M Ikhwan Madani mengatakan, beberapa kegiatan yang akan digelar di antaranya, melakukan renovasi perahu pompong masyarakat sebanyak 67 unit, serta renovasi becak motor 27 unit.

Selanjutnya perbaikan dan instalasi air bersih, renovasi tempat ibadah dan renovasi TPA. Kemudian renovasi sebanyak 9 rumah tak layak huni, menyerahkan ribuan paket sembako kepada masyarakat, ratusan perlengkapan alat sekolah, alat olahraga (volley) serta tabur benih ikan kerapu cantrang.

"Kegiatan dibagi dalam dua sasaran. Pertama adalah sasaran fisik, meliputi pembinaan ketahanan wilayah berupa renovasi tempat ibadah dan fasilitas umum," papar Kemas saat berada di Pulau Penyengat, Kota Tanjungpinang.

"Kedua adalah sasaran non fisik, meliputi komunikasi sosial yaitu kegiatan sosialisasi/penyuluhan kepada masyarakat dan pelajar, serta kegiatan bakti ini berupa tabur benih ikan kerapu cantrang dan pembagian sembako, perlengkapan alat-alat sekolah, dan alat olahraga," sambungnya.

Baca juga: Tingkat Hunian di Rutan Karimun `Over` Kapasitas

Program Serter TNI tahun 2022 juga dilakukan oleh Lantamal IV untuk mendukung program pemerintah dalam mengatasi dampak Pandemi Covid-19. Hal ini diwujudkan dengan membantu mengatasi kesulitan masyarakat di wilayah kerja Lantamal IV akibat pandemi.

Serter TNI yang dilakukan Lantamal IV selama 29 hari ke depan. Fokusnya pada wilayah masyarakat maritim di Kelurahan Pulau Penyengat dan Kelurahan Kampung Bugis, Kota Tanjungpinang.

Dengan begitu, Kemas berharap dapat terjalin kemanunggalan TNI dengan rakyat untuk menciptakan harmonisasi kehidupan berbangsa dan bernegara, serta untuk memotivasi masyarakat dalam bela negara.

"Untuk mendukung kegiatan ini, tidak hanya personel TNI AL dari Lantamal IV yang dikerahkan, namun juga dibantu oleh Personel TNI AD, TNI AU, Polri serta masyarakat setempat sebagai bentuk integrasi dan kemanunggalan TNI dengan rakyat," sebut Danlantamal.

(CR1)